Smart Home menjadi istilah yang makin populer belakangan ini. Menurut We Are Social dalam Digital 2022 Reports, pertumbuhan Smart Home di Indonesia meningkat sebesar 14,7% di tahun 2022, dengan peningkatan pembelian perangkat pintar sebagai pendukung bertumbuh sebesar 53,5%.

Smart Home Statistics

Agar lebih mengenal lagi, apa itu rumah pintar ini, bisa disimak dari penjelasan berikut.

Definisi Smart Home

Kita awali dengan pengertian apa itu Smart Home. Smart Home adalah rumah yang mengandalkan teknologi untuk mewujudkan kemudahan, kenyamanan dan tentunya penghematan energi bagi pemilik rumah. Rumah pintar ini, dilengkapi dengan sejumlah perangkat pintar yang mampu menggantikan sebagian tugas manusia secara otomatis, sehingga rumah ini telah menjadi salah satu dari IoT (Internet of Things). Ada 3 hal yang wajib ada untuk bisa disebut sebagai smart, yaitu adanya jaringan internet, intelligence control (alat/aplikasi pengontrol), serta automation (otomatisasi).

Smart Home Systems

Nah, berikutnya kita akan mengetahui apa saja manfaat hunian pintar bagi pemiliknya.

Manfaat bagi Pemilik Rumah

1. Memberikan kenyamanan ekstra

Bayangkan, mengendalikan peralatan pintar dengan suara atau gawai dalam genggaman, sungguh menyenangkan bukan? Kita bisa mematikan, menyalakan, mengatur intensitas besar kecil, juga membuat jadwal kapan peralatan tersebut mati atau menyala saat kita berada dimanapun atau saat kapanpun.

Smart Home Control

2. Meningkatkan keamanan

Beberapa perangkat pintar bisa dimanfaatkan untuk membantu mengamankan hunian kita. Baik pemantauan keamanan seperti CCTV maupun pembatasan akses masuk ke ruangan tertentu dalam rumah kita dengan menggunakan smart door lock.

CCTV Aman

3. Hemat listrik dan efisien

Sudah sampai kantor, lupa mematikan lampu atau AC di kamar? Hal seperti ini tidak perlu kita khawatirkan lagi bila menggunakan perangkat pintar di rumah. Hanya lewat gawai dalam genggaman kita, kita bisa mematikan lampu atau AC di rumah saat kita sedang berada di kantor. Selain bisa dikontrol dari jauh, perangkat pintar bisa kita jadwalkan kapan harus menyala atau kapan harus mati.

Ada pula perangkat pintar yang mempunyai sensor dimana peralatan tersebut bisa membaca gerak atau cahaya. Peralatan hanya akan menyala ketika ada pergerakan dalam ruangan, atau bila ruangan mulai gelap. Ketika ruangan sudah kosong, atau ruangan mulai terang maka peralatan akan mati dengan sendirinya.

Gadget Pintar

4. Pemantauan dan pencatatan

Karena dioperasikan dengan teknologi, data pemakaian perangkat pintar semuanya tercatat. Kita bisa melakukan pemantauan, agar pemakaian perangkat bisa lebih efektif dan efisien.

Data Pemakaian Listrik

5. Kontrol dan otomatisasi pekerjaan rumah tangga

Perangkat pintar bisa juga berperan menjadi asisten yang membantu kita mengerjakan pekerjaan rumah tangga, seperti mencuci, memasak ataupun membersihkan lantai rumah. Bahkan pekerjaan buka tutup pagar atau tiraipun, bisa dilakukan oleh perangkat pintar.  Bayangkan saat pulang kerja di malam hari, pintu garasi sudah terbuka menyambut kedatangan kita, tirai sudah tertutup, lampu menyala, rumah dalam keadaan bersih dan nasi beserta lauknya masih hangat karena baru selesai dimasak. Semua bisa terwujud dengan perangkat pintar.

Perangkat Pintar

6. Rumah menjadi lebih menghibur

Hiburan sesuai mood juga bisa diatur oleh perangkat pintar. Ketika perasaan kita gembira dimana kita ingin mendengarkan musik dengan nuansa gembira, dilengkapi  permainan lampu yang dinamis, bisa juga kita kelola dengan perangkat pintar.

Home Entertainment

Berikutnya, mari kita pahami bagaimana sistem rumah pintar ini bekerja.

Bagaimanakah cara kerja Smart Home

Semua perangkat pintar di dalam rumah terintegrasi dalam satu kesatuan sistem yang dapat diakses dan dikendalikan menggunakan gawai kita. Selain itu, sistem ini juga dilengkapi Artificial Intelligence (AI) yang mampu menyesuaikan kebutuhan berdasarkan kebiasaan dari penghuninya ataupun sesuai kondisi yang ada.

Berikut adalah beberapa perangkat pintar yang bisa diintegrasikan dalam Smart Home System :

Lampu

Smart lamp selain bisa dikendalikan dari jarak jauh, juga memiliki sensor gerak, cahaya maupun suara. Smart lamp juga bisa diatur warna maupun terang cahayanya, sesuai kebutuhan kita. Juga, bisa dijadwalkan nyala matinya.

Stop Kontak

Sama dengan Smart Lamp, stop kontak pintar selain bisa dijadwalkan sesuai kebutuhan kita pun bisa dinyalamatikan dari jarak jauh.

Dan berbagai alat rumah tangga lain seperti AC, CCTV, smart door lock, mesin cuci, rice cooker dan juga pembersih lantai (robot vaccum).

Kelebihan dan Kekurangan Smart Home

Dengan perangkat pintar yang terintegrasi dalam satu sistem, maka kita akan mendapatkan keuntungan sebagai berikut :

  1. Kontrol dan pemantauan jarak jauh
  2. Penjadwalan yang bisa mengeliminasi lupa/lalai
  3. Otomatisasi berdasarkan sensor. Perangkat menyala bila cahaya kurang, ada pergerakan atau ada perintah
  4. Hemat listrik
  5. Data pemakaian bisa tercatat lengkap

Sedangkan kekurangan dari Smart Home ini adalah :

  1. Agar optimal, sistem instalasi sebaiknya didisain dan dipersiapkan sejak awal pembangunan rumah
  2. Biaya yang lebih mahal, karena perangkat pintar menyuntikkan teknologi dalam perangkatnya
  3. Bila listrik atau internet mati, atau aplikasi bermasalah

Dengan perkembangan teknologi dan pengetahuan yang sedemikian pesat maka kedepannya Smart Home dipastikan akan lebih bervariasi dengan fitur yang lebih lengkap. Punya rumah pintar tidak akan menjadi mimpi lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.