5 Teknologi IoT dalam Konsep Smart Home, Mana Pilihan mu ?

Daftar Artikel

Contoh teknologi IOT

myeco.id | source pexels

Kehadiran teknologi saat ini semakin berkembang pesat, teknologi smart home yang sudah berbasis IoT semakin dikenal penggunaanya di dalam kehidupan kita sehari – hari.

Teknologi IoT di ciptakan sesuai kebutuhan masyarakat modern yang kini cenderung lebih praktis dan instant, IoT sangat mempermudah dan menunjang segala kebutuhan individu modern dengan cepat dan efektif.

Mengenal IoT dalam Konsep Smart Home

IoT atau Internet of Things merupakan sebuah konsep di mana suatu alat yang sudah terintegrasi dengan sensor dan software serta memiliki fungsi untuk menghubungkan atau bertukar data melalui perangkat lain. IoT digunakan untuk semua teknologi yang memungkinkan koneksi sebuah perangkat ke Internet.

Contoh penerapan IoT yang paling banyak ditemukan dalam realitas kehidupan kita sehari – hari adalah melalui konsep smart home. Sebab konsep smart home atau rumah modern ini lebih dikenal dengan memanfaatkan berbagai perangkat peralatan rumah tangga yang sudah terhubung ke internet.

Berikut 5 contoh Smarthome berbasis IoT :

1. Smart Lamp (Lampu Pintar)

Lampu pintar
source freepik

Smart lamp atau lampu pintar menjadi salah satu teknologi smart home yang harus ada rumah pintar kamu. Apalagi dengan teknologi ini, kamu tidak harus menyalakan lampu secara manual. Dengan sistem IoT, lampu dapat kamu kontrol dari jarak jauh hanya dengan menggunakan aplikasi yang sudah terhubung internet. Selanjutnya kamu dapat menyesuaikan penggunaan lampu seperti mengatur tingkat kecerahan bahkan warnanya.

2. Smart Plug (Colokan Pintar)

Smart plug
source freepik

Colokan pintar yang sudah berbasis IoT ini tidak seperti colokan biasanya.

Smart Plug memiliki keunggulan yang berbeda, yakni Smart Plug sudah terintegrasi sekaligus memiliki koneksi dengan internet.

Oleh karena itu, perangkat ini mampu menyala dan mati dengan penjadwalan otomatis serta mampu mengontrol daya pemakaian perangkat yang tersambung dengannya.

3. Smart Door Lock (Kunci Pintar)

Smartdoor lock
source freepik

Selanjutnya, perangkat smart home ini merupakan perangkat keamanan berupa kunci pintu yang dilengkapi dengan sistem penguncian otomatis.

jadi kamu tidak lagi perlu menggunakan kunci manual. Untuk membuka smart door lock dapat melalui cara seperti fingerprint, PIN, password, hingga face id.

Baca juga : Pengertian smart door lock dalam keamanan rumah

4. Smart Security Camera (CCTV Pintar)

CCTV
source freepik

Smart camera atau kamera pintar sering juga disebut IP cam (Internet Protocol Camera), adalah jenis kamera video digital yang mengirim gambar menggunakan jaringan internet.

Dalam sektor keamanan, keberadaan IP cam sangat membantu untuk mencegah terjadinya kejahatan atau mengantisipasi keadaan di dalam rumah ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Smart Clean (Robot Vacuum)

Smart clean robot
source freepik

Teknologi terakhir ialah smart clean atau robot vacuum, teknologi terbaru ini pada umumnya berfungsi untuk membersihkan ruangan di dalam rumah dari debu – debu.

Adanya perangkat IoT di dalam smart clean ini, dapat membuat robot vacuum akan bergerak secara otomatis dengan sensor perangkat untuk dapat membersihkan lantai tanpa digerakkan oleh manusia.

Baca juga : ALAT MASAK RAMAH ENERGI: SOLUSI HEMAT ENERGI UNTUK ANAK KOST!

My ECO Indonesia Hadirkan Smart Plug Otomatis Berbasis IoT

myeco.id

Semua perangkat smart home yang sudah berbasis IoT tersebut diciptakan untuk memudahkan segala aktivitas atau pekerjaan kamu sehari – hari.

Smart plug otomatis berbasis IoT My ECO indonesia adalah stop kontak yang diciptakan untuk bisa mengatur penggunaan daya listrik.

Dengan menggunakan smart plug, user bisa mengontrol penggunaan daya listrik dari mana pun dan kapan pun.

Penggunaan alat pintar ini, bisa diatur menggunakan aplikasi MyECO yang membuatmu lebih bebas mengatur penggunaan listrik.

Tentunya teknologi ini adalah satu cara kamu untuk menghemat waktu, menghemat energi atau meningkatkan kenyamanan kehidupan sehari – hari kamu.

Jadi, mana diantara 5 teknologi berbasis IoT ini yang relevan dengan kebutuhan smart home kamu ?

Klik link ini untuk dapatkan produk hemat energi My ECO Indonesia.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SHARE

Berkontribusi pada Masa Depan yang Lebih Baik dengan myECO, Gunakan Produk yang Peduli Lingkungan Hari Ini!