Wajib Tahu! Ini 5 Tips untuk Membeli Lampu

Daftar Artikel

myeco.id | source pixabay

Lampu merupakan komponen yang sangat penting di setiap rumah. Sebagai sumber penerang cahaya utama di suatu ruangan, tak terbayangkan jika kita hidup tanpa adanya lampu. Tak hanya mempertimbangkan kegunaannya saja, berbagai faktor lain seperti faktor estetika juga penting untuk dipertimbangkan. Berikut merupakan 5 tips yang bisa dilakukan sebelum memutuskan membeli lampu.

Sebelum Membeli lampu, Tentukan Jenis Lampu yang Sesuai

Lampu memiliki berbagai macam jenis. Jenis lampu bohlam, neon, dan LED lebih sering digunakan untuk ruangan dalam rumah.

Efisiensi energi dari masing-masing jenis lampu juga bisa dipertimbangkan, umumnya lampu LED lebih efisien dan tahan lama. Bahkan, kini terdapat lampu pintar yang bisa dijadwalkan menyala dan mati secara otomatis sehingga lebih menghemat energi.

Perhitungkan Watt Lampu

Cara paling mudah untuk menemukan lampu dengan watt yang sesuai adalah dengan memperhitungkan luas ruangan. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui jumlah lumens yang dipancarkan dari setiap watt, terutama jika menggunakan lampu LED.

Perlu diketahui bahwa semakin besar watt lampu maka akan semakin terang cahaya yang dipancarkan. Sebagai ukuran penyesuaian watt, kamar tidur yang hanya digunakan untuk beristirahat cukup untuk menggunakan lampu dengan ukuran 9 watt.

Daya Tahan dan Keawetan

Tak kalah penting, membeli sebuah lampu juga harus mempertimbangkan keawetan atau umur penggunaan lampu tersebut. Kita tentu akan sangat rugi jika membeli lampu yang mahal tapi mudah rusak.

Lampu LED umumnya memiliki umur penggunaan yang lebih panjang dari jenis lampu lainnya. Merk dan kualitas dari tiap lamu juga akan menjadi faktor yang mempengaruhi keawetan suatu produk lampu.

Sesuaikan Suhu dan Warna

Berbagai jenis lampu seperti LED, pendar, dan pijar ternyata cahayanya dapat memengaruhi suhu dan warna dari suatu ruangan. Suhu dan warna yang tinggi akan memberikan cahaya yang terang dan terkesan fokus, sedangkan suhu dan warna yang rendah memberikan cahaya yang hangat dan kesan nyaman.

Bandingkan Harga

Harga lampu cenderung bervariasi tergantung dengan jenis lampu, merk, watt, dan kualitasnya. Lampu standar ruangan rumah umumnya memiliki harga berkisar Rp 20.000-Rp 100.000, sementara lampu pintar lebih banyak dijual di harga ratusan ribu rupiah.

Cukup Dengan membeli Lampu Smart Fitting myECO, Lampu Pintar Cuma Seharga Rp 50.000-an

Smart fitting lampu pintar dari myECO bisa dijadikan pilihan kamu membeli lampu karena harganya yang jauh lebih murah dari lampu pintar lainnya. Konsumsi daya rendah sehingga penggunaan energi sangat efisien.

Lampu ini memungkinkan pengguna mengontrol lampu dari jarak jauh menggunakan website dan applikasi myECO sehingga lampu bisa digunakan dengan mode jadwal tertentu. Smart fitting myECO tersedia dengan pilihan 25 watt dan 100 watt, serta garansi 6 bulan — Dapatkan Smart Fitting di Toko Resmi myECO!

SHARE

Berkontribusi pada Masa Depan yang Lebih Baik dengan myECO, Gunakan Produk yang Peduli Lingkungan Hari Ini!