Tagihan Berkurang, Ini Tips Hemat Listrik AC Selama Kemarau

Daftar Artikel

Musim kemarau yang berkepanjangan dapat mengubah perilaku kehidupan kita, salah satunya penggunaan Air Conditioner (AC). Namun, penggunaan AC justru membuat listrik kamu jadi boncos, loh! Kendati demikian, kamu tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa tips hemat listrik AC selama musim kemarau.

Sebagian besar kita dan sobat minCO pasti sangat aktif dalam memanfaatkan penggunaan AC sehari – hari untuk meredakan panas teriknya matahari.  

Akan tetapi, selama penggunaannya, Sobat minCO harus sadar akan perawatan pentingnya penggunaan AC yang efektif selama musim kemarau yang berkepanjangan. Tentunya agar tagihan listrik sobat minCO tidak membengkak karena pemborosan listrik dari penggunaan AC yang tidak terkontrol.

Bagi sejumlah pengguna listrik token, tentunya lebih terasa boros dalam penggunaan AC. Hal itu menyebabkan biaya listrik yang “lebih mahal” dari biasanya. Tagihan token rata – rata hanya bertahan paling lama sekitar dua minggu saja.

Baca juga : Tips menghemat air dan hemat listrik

Sobat minCO jika menggunakan listrik token, harus membatasi diri untuk penggunaan AC selama musim kemarau panjang agar lebih efesien dalam penghematan energi listrik.

Tips Hemat Listrik AC Selama Musim Kemarau

1. Atur suhu awal AC tidak kurang dari 25 derajat Celcius

Setalah menyalakan AC, atur suhu awal AC pada kisaran 25 – 28 derajat Celcius, tidak kurang tidak lebih. Idealnya suhu ruangan dengan AC memiliki selisih 5 – 8 derajat Celcius dari ruangan tanpa AC.

Pastikan sobat minCO saat menyalakan AC dalam jangka waktu yang lama, suhu yang direkomendasikan adalah diatas 23 sampai 27 derajat Celsius.

AC yang suhunya diatur menjadi 16 derajat Celsius dapat membuat kinerja mesin kompresor bekerja begitu keras tanpa henti. Ini entunya akan membuat biaya listrik menjadi mahal dan membuat AC menjadi tidak awet.

2. Jangan terlalu sering buka tutup ruangan ber AC

Ruangan ber – AC harus tertutup rapat, baik pintu maupun jendela. Sebab, pintu atau jendela yang sering dibuka – tutup bisa membuat AC sulit mendinginkan ruangan sesuai dengan suhu yang diatur.

Saat AC dinyalakan, pastikan selalu menutup rapat ruangan agar AC bisa bekerja mendinginkan sebagaimana mestinya.

3. Membatasi Penggunaan AC

Tips hemat listrik AC dari minCO selanjutnya ialah untuk membatasi diri dalam menggunakan AC sehari – hari, meskipun cuaca sedang kemarau tetapi lebih efektik untuk menghindari pemborosan energi maka lebih baik sobat minCO mengatur waktu penggunaan AC seperti misalnya hanya menggunakan AC selama tiga sampai empat hari dalam seminggu.

Opsi lain sobat minCO dapat membatasi penggunaan AC dengan mengatur timer / timer set selama 3 atau 6 jam dalam sehari.

4. Alternatif Menggunakan Produk Hemat Listrik

Yang terakhir sobat minCO tentunya bisa menggunakan produk hemat energi untuk langkah alternatif penghematan energi. AC bisa dialih fungsikan dengn misalnya menggunakan kipas angin.

Penggunaan kipas angin jauh lebih hemat energi dan tentunya akan mengurangi tagihan listrik token sobat minCO.

MinCO sangat me – rekomendasikan upaya penghematan penggunaan energi listrik agar lebih efektif di musim kemarau panjang dengan menggunakan produk smarthome hemat energi listrik yang sudah berbasis IoT dari my ECO Indonesia.

Digital Pengukur Meter Watt power Energy daya arus KWH Volt listrik AC

Fitur Unggulan:
1. menggunakan LCD display
2. tinggal pakai
3. monitoring secara real time
4. pilihan menu berbagai format
5. data tampilan detail dan presisi

Spesifikasi:
– Konsumsi daya: 0.5W
– Operating voltage: 230V AC
– Frequency display: 50Hz
– Operating current: max 16A
– Wide voltage range: 230V – 250V
– The set wattage display is 0W – 3680W
– Voltage display range: 0V – 9999V

Dengan menggunakan Digital Pengukur Meter Watt Power Energy My ECO Indonesia, sobat minCO tentunya dapat memonitoring tegangan AC dan energi listrik setiap hari, sehingga sobat minCO dapat bijak dalam menghemat energi listrik selama musim kemarau panjang.

Buktikan kualitas produknya, dengan klik link ini !

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SHARE

Berkontribusi pada Masa Depan yang Lebih Baik dengan myECO, Gunakan Produk yang Peduli Lingkungan Hari Ini!