Smart Home System menurut Wikipedia, adalah sistem yang menghubungan berbagai perangkat di dalam rumah sehingga dapat dikontrol oleh gadget yang bisa di bawa kemana saja. Apakah mewujudkan smart home system selalu mahal dan memakan banyak biaya? Mari kita simak uraian berikut, bagaimana cara menyiasatinya.

Idealnya smart home system sudah kita persiapkan sejak rumah akan dibangun. Pada waktu kita merancang atau mendisain rumah, sebaiknya kita sudah meriset perangkat apa saja yang bisa dikategorikan dalam perangkat pintar, bagaimana cara instalasi dan apakah kegunaaanya dalam kehidupan kita di masa yang akan datang.

smart-home-system-myeco

Namun bagi kebanyakan orang, mendapatkan situasi ideal seperti di atas tentunya jarang bisa terjadi. Nah, berikut cara untuk mewujudkan Smart Home System impian yang disesuaikan dengan kondisi hunian yang sudah ada.

CARA MEWUJUDKAN HUNIAN PINTAR DENGAN BIAYA MURAH

1. Mulailah dengan yang kecil

Memikirkan sistem rumah otomatis, jangan langsung membayangkan yang besar dan mahal. Kita bisa mulai bertahap dari yang sederhana dulu. Di mulai dari kamar tidur, perangkat apakah yang pasti ada di kamar. Tentunya lampu dan juga stop kontak. Ya, pasanglah smart lamp dan smart plug untuk kamar tidurmu.

2. Kenali kebutuhanmu

Bila menuruti keinginan, tentunya kita menginginkan semua perangkat di rumah adalah perangkat pintar, tentu biayanya tidak murah. Untuk itu, kenali kebutuhanmu.

Sebagai contoh, apakah lampu di teras rumah dibutuhkan lampu yang bisa menyala warna warni, atau hanya dibutuhkan lampu yang bisa dikontrol nyala matinya dari jauh saja. Smart Fitting tentunya lebih cocok untuk jenis penerangan di teras. Bohlam lampu lama masih bisa digunakan, dan kita bisa mengendalikannya dengan gadget.

3. Pilihlah perangkat 1 merk

Jika kedepannya kita akan melengkapi rumah kita dengan perangkat pintar, sebaiknya pilih perangkat dengan merk yang sama. Dengan merk yang sama, maka tidak banyak aplikasi yang ada di gadget kita. Pembelian perangkat tersebut juga bisa dibeli bertahap sesuai dengan kebutuhan kita.

Setelah kita mengetahui cara mewujudkan smart home system dengan cara yang murah, berikut adalah manfaat yang bisa kita rasakan.

MANFAAT SMART HOME SYSTEM

1. Hidup menjadi lebih mudah

Tidak ada lagi lupa mematikan lampu, atau saat pulang kemalaman rumah gelap gulita. Lampu maupun stop kontak bisa kita jadwalkan, kapan harus menyala dan kapan harus mati.

2. Hemat energi

Dengan penjadwalan kapan perangkat nyala atau mati, tentunya pemakaian listrik pun bisa lebih hemat. Perangkat listrik akan nyala hanya pada saat dibutuhkan saja.

3. Monitoring

Dengan perangkat yang merupakan IoT (Internet of Things) tentunya semua data bisa tercatat, sehingga kita bisa melakukan pemantauan dan analisa dengan data tersebut.

Nah ternyata mewujudkan smart home system dalam rumah impianmu tidak selalu mahal kan, selamat mencoba.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.