PLTS: Pembangkit Listrik dengan Energi Alternatif Unggulan?

Daftar Artikel

Pembangkit Listrik Tenaga Surya
myeco.id | source pexels

Listrik adalah sumber energi yang paling banyak dibutuhkan manusia saat ini. Namun, listrik juga memberikan dampak negatif pada kehidupan manusia dan lingkungan. Hal ini dikarenakan sebagian besar listrik masih dihasilkan dari pembakaran batu bara yang tidak ramah lingkungan.

Untuk menyiasati hal tersebut, pemerintah melakukan berbagai cara untuk mencari energi alternatif yang lebih ramah lingkungan untuk menghasilkan listrik. Saat ini, Indonesia sudah memiliki beragam jenis energi alternatif yang digunakan pada pembangkit listrik.

Contohnya, Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG), Pembangkit Listrik Tenaga Diesel, Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP), Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), Pembangkit Listrik Tenaga Angin atau Bayu (PLTB) dan yang terbaru adalah Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTMH).

Dari banyaknya ragam pembangkit listrik, PLTS atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya masih menjadi jenis sumber energi listrik unggulan. PLTS adalah pembangkit listrik yang memproduksi energi listrik dari tenaga surya atau sinar matahari.

Pembangkit listrik jenis ini memiliki banyak keunggulan yang bahkan turut menarik minat masyarakat untuk memanfaatkan tenaga surya di rumah. Berikut adalah keunggulan:

Baca Juga: https://myeco.id/pembangkit-listrik-tenaga-surya-mengambang-di-waduk-cirata/

1. Sumber Energi Tak Terbatas

PLTS menggunakan sinar matahari sebagai sumber energi untuk menghasilkan listrik. Indonesia, negara tropis yang selalu disinari matahari sepanjang tahun, memiliki keuntungan yang besar jika memanfaatkannya. Sumber energi akan didapatkan secara cuma-cuma dan tak terbatas, sehingga tidak ada kekhawatiran untuk kehabisan sumber energi jika menggunakan pembangkit listrik jenis ini.

2. Ramah Lingkungan

Keunggulan yang kedua adalah tidak adanya polutan yang dihasilkan dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya, sehingga akan lebih ramah lingkungan. Jenis pembagkit listrik seperti inilah yang harus dikembangkan agar polutan bisa berkurang, serta berdampak pada kesejahteraan hidup manusia dan lingkungan.

3. Perawatan Operasional Mudah dan Murah

Selain sumber energi yang tak terbatas dan dampak positif pada lingkungan, perawatan pada alat PLTS juga lebih sederhana dibanding yang lain. Meskipun pada awal pemasangan dibutuhkan biaya yang cukup besar untuk pembelian mesin, namun perawatan operasionalnya cenderung mudah dan terjangkau.

Untuk memastikan alat selalu bekerja dengan baik, kita cukup memastikan permukaan panel tetap bersih sehingga panel bisa menyerap energi dari sinar matahari dengan maksimal. Untuk perawatan intensif, hanya perlu dilakukan beberapa kali dalam setahun. Alat yang dibutuhkan pun mudah didapat, yaitu kain halus untuk memastikan panel tidak tergores, air, dan busa yang lembut jika diperlukan.

Mengetahui keunggulan dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya, apa kamu tertarik untuk mencobanya?

Hemat Listrik Tanpa Batas dengan Myeco

https://myeco.id/

Berikan kehidupan Anda sentuhan hijau dengan Myeco. Transformasikan cara Anda mengonsumsi energi dengan solusi yang hemat dan ramah lingkungan. Bergabunglah dengan revolusi energi hijau dan hemat dengan Myeco PLTS. Jadikan langkah positif untuk masa depan bumi kita. Hubungi kami sekarang untuk informasi lebih lanjut dan mulailah menghemat energi dan biaya listrik Anda!

Hemat Biaya, Lindungi Lingkungan – Checkout link yang dibawah !!!

https://www.tokopedia.com/myecoindonesia

SHARE

Berkontribusi pada Masa Depan yang Lebih Baik dengan myECO, Gunakan Produk yang Peduli Lingkungan Hari Ini!

Translate »