Dapur

Air Conditioner (AC) dan kulkas atau lemari es dapat kamu temui di sekitar area perumahan karena penggunaannya yang setiap hari digunakan. Kedua alat ini memiliki kesamaan dalam penggunaannya yaitu sebagai pendingin. AC berfungsi untuk mendinginkan ruangan. Sedangkan kulkas berfungsi untuk mendinginkan makanan dan minuman.

Persamaan antara AC dan Kulkas

AC dan kulkas memiliki persamaan, contohnya yaitu  kedua alat ini menggunakan gas buatan bernama chlorofluorocarbon (CFC) atau klorofluorokarbon. CFC sendiri bersifat tidak mudah terbakar dan tidak beracun sehingga senyawa ini mempunyai kestabilan yang baik sehingga dapat digunakan ke dalam berbagai peralatan.

Masyarakat mengenal CFC dengan sebutan freon. CFC atau freon memiliki dua jenis karbon yang sering digunakan oleh manusia, yaitu CFC R-11 (triklorofluorometana) dan CFC R-12 (diklorodifluorometana). Kedua jenis tersebut biasanya dimanfaatkan untuk mengembangkan busa serta digunakan pada peralatan pendingin ruangan dan lemari es selain juga sebagai pelarut.

Ternyata alat elektronik seperti AC dan kulkas banyak memiliki persamaan ya. Namun apakah kalian tau apa saja dampak dari penggunaan AC dan kulkas apabila kamu gunakan setiap hari? Apakah berbahaya untuk lingkungan dan kesehatan atau tidak? Mari kamu bahas penjelasan satu per satu.

Dampak Positif Penggunaan AC dan Kulkas

1. Dampak Positif dari Penggunaan AC

Air Conditioning

Biasanya kamu menggunakan alat elektronik tersebut untuk mendinginkan ruangan agar lebih sejuk sehingga kamu tidak perlu lagi merasakan panas ketika di dalam ruangan. Dengan menggunakan AC, maka kamu tidak butuh alat elektronik lainnya seperti kipas angin untuk mendinginkan ruangan. euro 2020 zakłady bukmacherskie na króla strzelców

Manfaat lain dari menggunakan AC yaitu kamu terhindar dari penyakit flek atau paru-paru basah. Walaupun ada kemungkinan kamu untuk bisa terkena penyakit paru-paru basah dari pemakaian AC, namun kemungkinan tersebut tidak sebesar apabila menggunakan kipas angin. Untuk meminimalisir kejadian penyakit tersebut datang maka penggunaanAC jangan terlalu sering dan pemasangan AC jangan terlalu dekat dengan kamu.

Namun di balik itu, terdapat dampak positif yang pasti dirasakan oleh kamu sebagai pengguna AC. Dampak positifnya seperti:

  1. Meningkatkan produktivitas saat bekerja atau saat melakukan kegiatan lainnya
  2. Menyejukan ruangan
  3. Terhindar dari polusi udara
  4. Kualitas udara yang selalu terjaga
  5. Meningkatkan kualitas tidur, dan
  6. Mampu menangkal berbagai jenis hama yang ada

Melihat dampak positif yang dirasakan dari penggunaan AC sehingga wajar apabila banyak masyarakat yang menggunakan AC sebagai alat elektronik wajib untuk kehidupan sehari-hari.

2. Dampak Positif Penggunaan Lemari Es

Lemari Es

Kulkas berfungsi untuk mendinginkan makanan dan minum. Kulkas menjadi kebutuhan alat elektronik kedua setelah AC karena fungsinya sebagai tempat menyimpan makanan dan minuman. jakie kasyno online polecacie Apabila makanan dan minuman yang sudah kamu makan tidak habis maka kamu bisa menyimpannya di kulkas agar dapat bertahan lama.

Selain itu, masih ada positif lainnya yang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari kamu seperti:

  1. Menjaga kesegaran makanan
  2. Membuat es batu
  3. Menyediakan ruang penyimpanan kering
  4. Meningkatkan cita rasa minuman

Semua dampak positif dari penggunaan alat elektronik sangat membantu kegiatan kamu sehari-hari khususnya para ibu rumah tangga. Namun penggunaan kedua alat tersebut perlu kamu batasi. Apabila tidak, maka dampaknya akan berefek kepada lingkungan.

“Lalu, dampak negatif apa saja yang bisa kamu rasakan apabila kamu tidak membatasi penggunaan alat elektronik?”

Dampak Negatif dari Penggunaan AC dan Kulkas

1.Dampak Negatif dari Penggunaan AC

Penggunaan AC dan Kulkas Memiliki Dampak yang Cukup Signifikan?

Mengingat manfaat dan kenyamanan yang dirasakan saat menggunakan AC sendiri memang tergolong banyak, selain untuk mendinginkan ruangan tentu juga untuk meningkatkan kualitas tidur kamu saat malam hari.

Namun,penggunaan AC yang berlebihan juga memiliki dampak negatifnya sendiri, contoh yang ringan yaitu membuat kulit menjadi kering atau mata perih saat kamu menghabiskan terlalu banyak waktu di dalam ruangan berAC.

Berikut,beberapa contoh dampak dari penggunaan AC yaitu:

  1. Masalah Pernapasan
  2. Dehidrasi
  3. Mata Kering
  4. Flu
  5. Tidak Tahan Suhu Panas dan Mudah Lelah

Sebagian hal dari dampak negatif atas penggunaan AC itu sendiri memang tergolong cukup parah. Meski begitu, kamu sering kali lebih mudah mengalami flu saat berada pada ruangan berAC.

Atau mungkin, jika saat  sedang berada diruangan berAC kamu jarang meminum air putih karena merasa sudah adem. Itu sama saja dapat menyebabkan dehidrasi dan membuat penyakit pada tubuh kamu sendiri.Dan hal lainnya kamu memang sudah terbiasa berada pada ruangan berAC membuat tubuh tidak tahan pada suhu yang panas dan meyebabkan mudah kelelahan.

1.Dampak Negatif dari Penggunaan Kulkas

Penggunaan AC dan Kulkas Memiliki Dampak yang Cukup Signifikan?

Penggunaan kulkas sudah sangat diandalkan untuk kebutuhan sehari-hari, semisal ketika suhu panas dan kamu ingin sekali minum dengan minuman yang dingin dan meyegarkan. Pasti kamu akan mengambil minuman tersebut dari kulkas tanpa pikir panjang.

Namun, penggunaan lemari es juga memang memiliki dampak negatif tanpa kamu sadari berpengaruh terhadap lingkungan sekitar atau bahkan diri kamu sendiri.

Berikut beberapa pengaruh dampak negatif penggunaan kulkas:

  1. Pemborosan Listrik
  2. Global Warming
  3. Makanan Berjamur
  4. Susu dan Yoghurt yang masam

Penggunaan lemari es itu sendiri ternyata,membawa beberapa dampak negatif yang berpengaruh kepada lingkungan sekitar kamu yang cukup signifikan.Seperti global warming yang terjadi yang disebabkan oleh gas klorofluorokarbon (CFC). Gas tersebut berbentuk dalam freon yang digunakan untuk pendinginan lemari es dan juga AC. Dampaknya yang terjadi ialah dengan adanya pemanasan global yang dapat merusak lapisan ozon, dan meningkatkan suhu di permukaan bumi itu sendiri. gry hazardowe gametwist

Nah sekarang kamu sudah tahu dampak penggunaan AC dan Kulkas, setiap pemakaian barang elektronik memang memiliki dampak positif dan negatifnya. Tergantung bagaimana kamu mensiasati penggunaannya dengan lebih bijak.

Ayo simak artikel dan tips lainnya dari kita hanya di MyEco!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.