Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD), Begini Cara Kerjanya

Daftar Artikel

Seiring bertambahnya populasi manusia, permintaan akan listrik semakin meningkat. Untuk mengimbangi hal ini, diperlukan pembangkit listrik, salah satunya adalah pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) yang menjadi pilihan utama.

PLTD menggunakan mesin diesel untuk menghasilkan listrik. Sehingga, PLTD sering digunakan di wilayah yang belum terjangkau oleh jaringan listrik utama atau sebagai cadangan energi saat keadaan darurat. Tapi, bagaimana caranya mesin diesel mampu menghasilkan listrik?

Di sini, kami telah mengumpulkan informasi tentang cara kerja PLTD, manfaat, keunggulan, dan kelemahannya. Simak lebih lanjut berikut ini!

Apa itu PLTD?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, PLTD atau Pembangkit Listrik Tenaga Diesel adalah jenis pembangkit listrik yang menggunakan mesin diesel untuk mengubah energi kimia dari bahan bakar diesel menjadi energi listrik.

Mesin diesel ini berfungsi sebagai penggerak utama yang menghasilkan energi mekanik untuk memutar rotor generator.

Bahan bakar mesin diesel, yang dikenal dengan nama solar, adalah bahan bakar cair dengan titik didih antara 150 hingga 380 derajat Celsius, terdiri dari molekul hidrokarbon yang kompleks. Solar sering digunakan sebagai bahan bakar untuk kendaraan umum, kereta api, dan pesawat terbang.

Baca Juga: Cara Mengelola Sampah Rumahmu Secara Efektif dan Efisien

Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD)

Nah, karena kamu sudah mengenal apa itu Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD), sekarang kamu akan tahu bagaimana sistem cara kerja Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD). Ayo kita bahas lebih lanjut!

1. Proses Penyaringan dan Pemanasan Bahan Bakar

Tahapan pertama dari proses ini adalah penyaringan bahan bakar yang disimpan dalam tangki sebelum dipindahkan ke tangki penyimpanan sementara. Jika menggunakan bahan bakar minyak (BBM), bahan bakar tersebut dipompakan ke pengabut untuk meningkatkan suhunya menjadi kabut.

2. Proses Kerja Turbocharger

Kemudian, pada tahap ini kompresor mengalirkan udara bersih ke tangki udara starter melalui saluran masuk atau intake manifold. Dalam turbocharger, tekanan udara ditingkatkan menjadi sekitar 500 psi dengan suhu mencapai ±600 derajat Celsius.

3. Proses Masuknya Udara dan Bahan Bakar ke dalam Ruang Bakar

Proses selanjutnya adalah masuknya udara bertekanan tinggi ke dalam ruang bakar atau ruang pembakaran, di mana bahan bakar dari pengabut atau konversi kit juga dimasukkan.

4. Proses Pembakaran Mandiri dalam Mesin Diesel

Proses pembakaran mandiri dalam mesin diesel terjadi setelah bahan bakar disemprotkan ke dalam silinder yang sudah mencapai tekanan tinggi dan suhu tinggi. Ini menyebabkan bahan bakar terbakar secara spontan atau mandiri, memicu ledakan yang mendorong gerak piston dalam mesin diesel.

5. Proses Pengubahan Energi dalam Ruang Pembakaran

Proses pengubahan energi dalam ruang pembakaran dimulai dengan ledakan yang menggerakkan torak atau piston. Energi mekanik dihasilkan pada poros engkol saat tekanan gas dari pembakaran bahan bakar dan udara mendorong torak melalui batang torak yang terhubung ke poros engkol.

6. Proses Konversi Energi di Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD)

Kemudian, proses ini melibatkan poros engkol yang menggerakkan rotor generator untuk mengubah gerakan piston menjadi energi listrik sesuai dengan prinsip Hukum Faraday. Setelah itu, tegangan disesuaikan menggunakan trafo untuk transmisi sebelum disalurkan ke beban.

Manfaat Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Untuk Kehidupan

Sekarang kamu mengerti mengapa masyarakat memerlukan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD). PLTD berperan penting sebagai solusi untuk memastikan kebutuhan listrik terpenuhi secara stabil, baik sebagai sumber utama maupun cadangan.

Selanjutnya kita akan membahas mengenai beberapa manfaat yang membuat PLTD tetap dipilih dalam berbagai situasi, seperti:

1. Mengatasi Kebutuhan Listrik di Daerah Terpencil

PLTD bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik di wilayah terpencil yang belum terhubung dengan jaringan listrik utama. PLTD mampu menyediakan pasokan listrik yang stabil dan dapat diandalkan bagi penduduk di daerah terpencil.

2. Kelancaran Operasional Bisnis Kecil dan Menengah

Usaha kecil dan menengah yang membutuhkan pasokan listrik dapat mengandalkan PLTD untuk menjaga kelancaran operasional mereka, terutama saat menghadapi keadaan darurat atau pemadaman listrik.

3. Pilihan Ekonomis untuk Kebutuhan Industri

Meskipun PLTD memiliki kelemahan seperti biaya operasional tinggi dan emisi yang lebih besar, mereka bisa menjadi pilihan lebih ekonomis untuk industri karena biaya investasi awalnya lebih murah dan efisiensinya lebih baik pada berbagai tingkat pemakaian energi.

4. Kemudahan Operasional dan Keterjangkauan

Mesin diesel memiliki efisiensi yang baik dalam mengubah energi kimia dari bahan bakar menjadi energi listrik. Hal ini membuat mereka menjadi pilihan yang ekonomis dalam penggunaan bahan bakar, terutama dalam jangka panjang.

Baca Juga: Apa Manfaat ECO House Design? Lebih Hemat Listrik!

Kelebihan dan Kekurangan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD)

Setelah mengetahui manfaat PLTD bagi kehidupan, sekarang kita akan membahas secara lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangannya. Simak di sini!

Kelebihan PLTD

  1. Biaya awal untuk membangun PLTD lebih murah dibandingkan teknologi lain seperti PLTS.
  2. PLTD dapat bekerja efisien di setiap tingkat pemakaian listrik, sesuai dengan kebutuhan yang berbeda-beda.
  3. PLTD membutuhkan sedikit tenaga kerja, sehingga biaya operasionalnya lebih terjangkau.
  4. Bahan bakar solar yang digunakan dalam PLTD mudah didapat dan harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis bahan bakar lainnya.
  5. PLTD lebih mudah dioperasikan dan memerlukan sedikit operator, menjadikannya pilihan terjangkau untuk daerah yang sulit dijangkau oleh sumber listrik lain.

Kekurangan PLTD

  1. Motor diesel cenderung lebih mahal untuk diinvestasikan dibandingkan dengan motor bensin, sehingga memerlukan biaya awal yang lebih tinggi.
  2. PLTD memiliki kapasitas yang terbatas, sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan listrik yang sangat besar.
  3. PLTD membutuhkan waktu yang lama untuk pemanasan saat dihidupkan dalam kondisi dingin, yang bisa mengganggu operasionalnya.
  4. Penggunaan bahan bakar solar dalam PLTD dapat menyebabkan polusi yang tinggi, yang berdampak buruk pada lingkungan sekitar.
  5. Biaya operasional PLTD relatif tinggi karena besarannya sebagian besar terkait dengan biaya bahan bakar, yang mencapai sekitar 70% dari total biaya operasional.

Terkadang, PLTD bisa lebih baik dipilih untuk memenuhi kebutuhan listrik di wilayah-wilayah yang tidak bisa terhubung dengan sumber listrik lain. Namun, kita perlu mempertimbangkan kelemahannya saat membangun infrastruktur listrik yang lebih besar dan berkelanjutan.

Penerapan PLTD di Indonesia

Di Indonesia, Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) masih belum banyak. Namun Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) di Indonesia dapat ditemukan di beberapa lokasi, termasuk:

1. PLTD Seberang Barito

PLTD Seberang Barito di Kalimantan Selatan punya dua unit utama yang menghasilkan masing-masing 15 MW dan 30 MW listrik. Pembangkit listrik diesel ini membantu memenuhi kebutuhan listrik di Kalimantan.

2. PLTD Banua Lima

PLTD Banua Lima punya tiga unit dan dibangun untuk memenuhi kebutuhan listrik di daerah-daerah terpencil di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Setiap unitnya bisa menghasilkan energi dengan kapasitas 8,7 MW.

3. PLTD Trisakti

Selain PLTD Banua Lima dan PLTD Seberang Barito, ada juga PLTD Trisakti yang terletak di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Pembangkit listrik ini sudah beroperasi sejak tahun 1978 dan mampu menghasilkan energi hingga 90.800 kWh. Dengan tiga unit yang masing-masing memiliki kapasitas 30 MW, PLTD Trisakti terus berkontribusi menyediakan listrik untuk wilayah tersebut.

4. PLTD Karimunjawa

PLTD Karimunjawa beroperasi untuk menyediakan listrik bagi Pulau Karimunjawa. Setiap harinya, pembangkit ini menggunakan sekitar 4.000 liter solar untuk menghasilkan energi sebesar 2 x 2,2 MW, cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat Karimunjawa selama 24 jam. Pembangkit ini memiliki dua unit yang masing-masing berkontribusi pada pasokan listrik tersebut.

5. PLTD Senayan

PLTD Senayan yang terletak di Jakarta dilengkapi dengan enam mesin pembangkit listrik berkapasitas 17,5 MW. Pembangkit ini hanya diaktifkan saat diperlukan, contohnya saat terjadi pemadaman listrik.

Tentang MyEco! Solusi Hemat Listrik

PLTD memberikan manfaat besar dalam memenuhi kebutuhan listrik manusia. Namun, karena biaya awal penggunaannya yang tinggi, banyak orang mencari alternatif yang lebih efisien dan hemat biaya.

Oleh karena itu, di Myeco kami bertekad untuk mengembangkan produk yang secara khusus dirancang untuk membantu masyarakat mengurangi biaya listrik.

Mengembangkan Smartplug Timer Otomatis dengan teknologi AIoT modern yang menyediakan solusi lengkap untuk mengatur waktu plug secara otomatis, sehingga dapat mengurangi biaya listrik di rumahmu.

Kalau Kamu tertarik dengan produk yang kami tawarkan, jangan ragu hubungi kami untuk informasi lebih lanjut atau langsung pesan sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SHARE

Berkontribusi pada Masa Depan yang Lebih Baik dengan myECO, Gunakan Produk yang Peduli Lingkungan Hari Ini!