Mesin Cuci Boros Listrik? Yuk Cek Faktanya

Daftar Artikel

myECO source pexels

Mesin cuci boros listrik merupakan hal yang dibenci ibu-ibu rumah tangga. Mesin cuci merupakan salah satu perabotan yang sering digunakan dalam rumah tangga. Sebuah mesin cuci memerlukan pasokan daya listrik agar dapat berfungsi dengan baik. Mesin cuci bisa digolongkan sebagai peralatan elektroknik berdaya listrik besar.

Biasanya, semakin besar daya yang digunakan, maka makin besar biaya listriknya. Besaran watt mesin cuci ini tergan tung pada tipe dan merek mesin cuci yang digunakan.

Ada tiga tipe mesin cuci yang sering digunakan, yaitu tipe mesin cuci dua tabung (twin tube), tipe mesin cuci satu tabung (top loading) dan front loading. Ketiga mesin cuci tersebut memiliki karakteristik dan operasional berbeda. Jadi, daya listrik yang dibutuhkan juga berbeda.

Mesin Cuci Dua Tabung (Twin Tube)

Mesin cuci dua tabung merupakan jenis mesin cuci yang paling banyak digunakan. Selain harganya relatif lebih murah, untuk pengoperasian dan perawatannya pun cukup mudah.

Kelebihan mesin cuci ini yaitu hemat listrik dari jenis mesin cuci lainnya. Daya listrik atau watt yang digunakan mesin cuci ini sebesar 150 watt – 300 watt, tergantung dari merek yang digunakan. Bisa dikatakan mesin cuci tipe ini, mesin cuci low watt jika dibandingkan tipe lainnya.

Mesin Cuci Satu Tabung (Top Loading)

Mesin cuci 1 tabung atau top loading adalah tipe mesin cuci yang menggunakan motor penggerak dengan fungsu ganda, yaitu mencuci dan mengeringkan. konsumsi daya listrik yang dibutuhkan mesin cuci ini mulai dari 250 watt – 420 watt. Daya tersebut tak jauh berbeda dengan mesin cuci dua tabung.

Mesin Cuci Front Loading

Mesin cuci ini banyak ditemukan di usaha penatu (laundry) karena fiturnya lebih canggih dan kemampuan mencucinya lebih cepat. Selain itu, mesin cuci tipe ini lebih hemat air dan deterjen.

Tampilan dari mesin cuci front loading ini memiliki pintu di depan seperti pintu lemari dan tak seperti dua mesin cuci sebelumnya yang ada di atas. Selain itu, pintunya dibuat transparan sehingga bisa menambah fungsi lain.

Normalnya, mesin cuci front loading membutuhkan daya listrik 400-500 watt. Namun, jika menggunakan fitur canggih seperti mencuci dengan air panas, kebutuhan listriknya akan melambung tinggi mencapai 2.200 watt.

Jadi bisa disimpulkan bahwa boros atau tidaknya daya konsumsi listrik mesin cuci tergantung dari jenis mesin cuci yang digunakan, jenis motor serta fitur-fitur yang disediakan, hingga merek yang digunakan.

Baca juga: Perubahan Iklim: Penyebab dan Dampaknya

Demikianlah pembahasan mengenai artikel ini. Semoga bermanfaat. Jangan lupa bagikan ke grup WhatsApp keluargamu agar Kakek, Nenek hingga ponakanmu juga ikutan tahu.

SHARE

Berkontribusi pada Masa Depan yang Lebih Baik dengan myECO, Gunakan Produk yang Peduli Lingkungan Hari Ini!