Mengenal Panel Surya, Kelebihan dan Kekurangannya

Daftar Artikel

panel surya

myeco.id | source rumah.com

Sinar matahari atau panel surya kini tengah menjadi tren khususnya di kota – kota besar. Berbagai langkah penemuan energi baru terbarukan mulai di lakukan di Indonesia dan saat ini telah gencar diupayakan pemerintah Indonesia untuk mengurangi dampak perubahan iklim.

Sinar matahari dapat menjadi alternatif pembangkit listrik mandiri yang jauh lebih hemat sekaligus berkelanjutan.

Secanggih apapun teknologi yang ada saat ini tidak akan bisa dioperasikan tanpa menggunakan listrik. Oleh sebab itu, listrik menjadi kebutuhan utama yang harus ada.


Apa itu Panel Surya ?

adalah sebuah perangkat yang terdiri dari serangkaian sel surya. Serangkaian sel surya ini dibentuk hingga menjadi sebuah kesatuan. Bentuk dan tampilan mengikuti kapasitas daya dan model yang diinginkan.

biasanya dipasang pada bagian atap rumah, di atas bangunan, atau pada instalasi tunggal dengan menggunakan tiang.

Panel surya berfungsi mengubah sinar matahari menjadi energi listrik. Selain dapat digunakan sebagai pembangkit listrik, bisa juga digunakan sebagai atap rumah.

Penggunaan panel surya yang di pasang di atap rumah menjadi tren di kalangan masyarakat, trend ini cocok digunakan pada daerah dengan penduduk padat.

Jadi dapat dikatakan, panel surya adalah alat yang dapat mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik.

Pemasangan panel surya di atap rumah membuat pemilik rumah akan menghemat lahan dan sangat penggunaan hemat energi yang efisien karena langsung menyerap cahaya matahari.

Meski demikian, pemilik rumah harus mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada pada panel surya terlebih dahulu sebelum memanfaatkan penggunaanya.

Baca juga : CARA KERJA MIKROHIDRO , SOLUSI HASILKAN ENERGI TERBARUKAN

Kelebihan Panel Surya

  • Tagihan Listrik Relatif Murah

Kelebihan utama pada panel surya adalah dapat menghemat tagihan listrik. Dengan menggunakannya di rumah, kamu tidak perlu khawatir untuk memikirkan tagihan listrik yang kian membengkak.

Hal ini bisa terjadi karena energi yang dihasilkan bisa digunakan pada peralatan yang ada di rumah.

  • Memiliki Garansi Lama

memiliki garansi yang sangat lama, yaitu selama 25 sampai 30 tahun. Jadi, jika dalam waktu itu panel surya yang kamu pasang di rumah mengalami kerusakan, kamu bisa langsung mengklaim garansinya.

  • Harga Jual Rumah Meningkat

Kelebihan kedua dari panel surya yaitu, menambah nilai jual rumah. Hal ini dikarenakan, penggunaan panel surya termasuk dalam jenis investasi yang sangat menguntungkan di masa depan.

  • Memiliki Listrik Cadangan saat Matahari Tidak Bersinar

Kelebihan yang keempat dari panel surya adalah saat malam hari, saat hujan atau saat matahari tidak bersinar, kamu masih memiliki cadangan listrik.


Dengan menggunakan panel surya, kamu tidak perlu khawatir lagi saat terjadi mati lampu, karena panel surya menyimpan cadangan energi yang bisa kamu gunakan

  • Panel Surya Bisa di Pasang dalam Berbagai Iklim

Kelebihan yang terakhir dari panel surya adalah, dapat dipasang dalam berbagai iklim. Ini artinya, tidak ada iklim spesifik yang harus dipenuhi dalam pemasangan panel surya.

Meskipun benar, bahwa semakin terik matahari, maka akan semakin banyak energi yang bisa dihasilkan.

Kekurangan Panel Surya

  • Tidak Bisa di Pindah

Kekurangan yang pertama dari pemasangan panel surya adalah tidak dapat dipindahkan. Pasalnya, apabila mencopot panel surya, dapat berisiko merusaknya.

  • Harus di Pasang oleh Profesional

Kekurangan kedua dari panel surya adalah harus dipasang oleh profesional yang benar-benar ahli di bidangnya. Untuk memasangnya, memerlukan beberapa orang yang ahli.

Dengan menggunakan orang yang profesional, panel surya yang terpasang dapat menjalankan fungsinya dengan baik, dan mengurangi risiko-risiko yang mungkin akan terjadi kemudian hari.

  • Biaya Pasang Mahal

Kekurangan terakhir dari panel surya adalah biaya pemasangannya yang cukup mahal. Inilah yang menjadi penyebab kenapa masih banyak orang yang ragu menggunakan di rumah mereka.

Karena memiliki biaya pemasangan yang mahal karena tidak bisa asal memasangnya.

Manfaat dari panel maupun energi surya yang sangat terasa adalah mampu untuk menghemat pengeluaran.

Selain itu, energi surya mampu berkontribusi untuk mengurangi pemanasan global tentunya kamu juga terhindar dari ketergantungan listrik konvensional.

Solusi My ECO Indonesia untuk Pengurangan Tagihan Listrikmu !

Dengan menciptakan Super App one stop solution teknologi IoT yang modern, kami meyakini bahwa masalah pemborosan listrik dapat dikurangi.

Mari kita membawa revolusi kehidupan pintar ke dalam keberlanjutan!

Dengan bangga, Tokopedia MyEco mempersembahkan koleksi produk ramah lingkungan terbaik dari Indonesia.

Checkout Sekarang dan Raih Gaya Hidup Cerdas di Tokopedia MyECO!

https://www.tokopedia.com/myecoindonesia

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SHARE

Berkontribusi pada Masa Depan yang Lebih Baik dengan myECO, Gunakan Produk yang Peduli Lingkungan Hari Ini!