Apa Saja Manfaat Nano Teknologi dalam Kehidupan Manusia?

Daftar Artikel

manfaat nano teknologi

myeco.id | source: Freepik

Halo, sobat minCO!

Pernahkah, kalian mendengar istilah “nano teknologi”. Mungkin, sebagian besar dari kalian masih cukup asing, bukan?

Sederhananya, nano teknologi adalah sebuah teknologi canggih yang menggunakan molekul berukuran nano.

Lantas, apa sebenarnya nano teknologi dan manfaatnya bagi kehidupan manusia? Simak pembahasannya di bawah ini, ya!

Apa itu Nano Teknologi?

Nano teknologi adalah inovasi teknologi yang satu ini adalah suatu bidang keilmuan yang mempelajari struktur atau perangkat yang berukuran sangat kecil, yaitu dalam skala nanometer.

Meskipun berskala kecil, namun inovasi yang satu ini tidak bisa diremehkan, loh! Contoh penggunaannya sering ditemui dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Contohnya di bidang pertanian, teknologi berskala kecil ini dimanfaatkan untuk modifikasi benih dan pupuk yang digunakan. Hal ini akan berujung pada peningkatan produktivitas pertanian, di mana hal tersebut akan meningkatkan kemampuan pangan dan pendapatan.

Selain itu, penerapannya dapat dijumpai di bidang farmasi, yaitu untuk pembuatan obat dan vaksin.

Bagaimana Sejarah Perjalanan Nano Teknologi

manfaat nano teknologi

myeco.id | source: Freepik

Sejarah nano teknologi sendiri dimulai ketika fisikawan bernama Richard Fenyman mempresentasikan “There’s Plenty of Room at the Bottom” pada 1959, di mana ia mengusulkan ide tentang rekayasa materi yang berukuran sangat kecil.

Selanjutnya, ide ini dilanjutkan oleh Erix Drexler yang secara lebih detail menjelaskan konsep konstruksi mesin berukuran sangat kecil yang terdiri atas atom-atom. Realisasi nano teknologi kemudian dilanjutkan oleh Gerd Binnig dan Heinrich Rohrer dengan adanya penemuan Scanning Tunneling Microscope pada tahun 1981.

Baca Juga : Apakah Petir Ada Manfaatnya untuk Kehidupan?

Manfaat Nano Teknologi

manfaat nano teknologi

myeco.id | source: Freepik

Jika meninjau perbandingan dengan inovasi lain, nano teknologi ternyata memiliki sejumlah manfaat, loh! Berikut penjelasannya.

1. Mengobati kanker

Pertama, manfaat nano teknologi adalah dapat mengobati kanker. Hal ini dikarenakan nanopartikel bisa dirancang untuk membawa obat ke dalam sel kanker, sehingga bisa meningkatkan efisiensi pengobatan kanker dan meminimalisir kerusakan sel sehat.

2. Mengatasi perubahan iklim

Kedua, nano teknologi bisa dimanfaatkan untuk mengatasi perubahan iklim. Sebab, inovasi teknologi ini bisa menciptakan baterai yang menyimpan lebih banyak energi untuk mobil listrik.

3. Nanoteknologi bidang elektronika

Untuk produk elektronik, inovasi ini cocok untuk diterapkan. Pada era sekarang ini, chip yang memiliki ukuran sangat kecil bisa memuat ribuan data dan memori dalam sebuah perangkat atau produk elektronik. Kita tidak memerlukan entitas berukuran besar untuk menampung banyaknya data dan memori.

4. Solusi untuk Bidang Medis dan Kedokteran

Manfaat nano teknologi selanjutnya adalah di bidang kesehatan, khususnya medis dan kedokteran, teknologi yang satu ini memiliki peran penting dalam pengembangan obat yang ditujukan untuk penyakit yang sebelumnya tidak bisa disembuhkan. Contohnya adalah kanker.

5. Peran Penting dalam Bidang Manufaktur

Dalam bidang manufaktur, pemakaian nano teknologi akan membuat produk atau instrumen manufaktur menjadi lebih kuat dan lebih terjamin jika meninjau segi kualitasnya.

Wah, keren bukan? Jadi, inovasi kecil yang satu ini ternyata memiliki dampak dan pengaruh besar dalam kehidupan kita. Tentunya akan menjadi hal yang sangat menarik jika kita bisa mempelajarinya!

Seperti yang telah disebutkan di atas, yang mana salah satu manfaat nano teknologi adalah membantu mengurangi perubahan iklim. Selain itu, nano teknologi juga bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi permunian bioenergi, sehingga dapat membantu sumber energi yang bersih.

Nah, selain melalui nano teknologi, Sobat minCO juga bisa membantu mengurangi perubahan iklim, loh! Hal ini dikarenakan Sobat minCO bisa menggunakan produk elektronik dari myECO karena diklaim lebih ramah lingkungan daripada produk lainnya.

Salah satunya adalah Lampu LED yang mana terkenal lebih ramah lingkungan dan tanpa radiasi. Bahkan, jenis lampu ini juga lebih hemat energi dengan pencahayaan maksimal 80%, loh!

Sangat menarik, bukan? Yuk, segera pesan sekarang di sini, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SHARE

Berkontribusi pada Masa Depan yang Lebih Baik dengan myECO, Gunakan Produk yang Peduli Lingkungan Hari Ini!