Lampu LED Hemat Energi

 

Saat ini tren menggunakan Lampu LED hemat energi semakin meningkat. Selain faktor hemat energi listrik dan juga makin banyak perusahaan yang membuat produk lampu dengan berbagai macam variannya. LED atau Light Emitting Diode merupakan  komponen elektronik yang dapat menghasilkan  cahaya dengan lebih efisien. Lampu jenis ini tidak membutuhkan pembakaran filamen seperti lampu bohlam, membuat lampu ini tidak menimbulkan panas pada lampu dan pada akhirnya membuat ruangan biasanya akan lebih hangat.

LED merupakan keluarga Dioda yang dibuat dari bahan semikonduktor. Dapat memancarkan sinar inframerah yang tidak tampak oleh mata seperti yang sering kita jumpai pada Remote Control TV ataupun Remote Control perangkat elektronik lainnya. Pada prakteknya saat ini Lampu LED identik dengan cahaya yang lebih terang dan juga lebih hemat listrik, karena tidak membutuhkan energi lebih banyak dibanding lampu jaman dulu.

Yuk coba intip 5 kelebihan Lampu LED dibanding Lampu Bohlam dan Lampu CFL :

1. Lampu LED Hemat Energi tidak Menimbulkan Panas

Lampu LED tidak Panas

Walaupun kamu menyalakan selama berjam-jam atau seharian, lampu jenis ini tidak akan menimbulkan panas. Hal ini dapat membuat temperatur udara ruangan yang tidak terganggu oleh panasnya cahaya lampu. Menciptakan ruangan di rumah kamu yang lebih nyaman serta ideal. Berbeda dengan lampu bohlam yang membutuhkan pembakaran filamen untuk menghasilkan cahaya. Lampu jenis CFL juga yang tetap juga menghasilkan energi panas ketika lampu dinyalakan loh.

Pencahayaan menjadi sangat penting bagi ruangan, tentunya dengan tetap membuat ruangan tidak terganggu walau oleh panas yang tidak perlu. Tidak mau kan ruangan kamu malah panas karena lampu saja, kamu kan bukan ayam kan.

2. Hemat Energi Mengurangi Pemakaian Listrik Rumah

Hemat Energi

Hemat Listrik adalah idaman setiap rumah ya kan. Lampu LED membutuhkan paling sedikit energi listrik dibanding lampu bohlam dan lampu CFL. Efiensi menjadi salah satu tujuan dari setiap rumah saat ini. Dengan begini kamu pun akan lebih irit dalam membayar listrik di rumah mu bukan.

Dibanding lampu jenis CFL atau bohlam tentunya penggunaan energi listrik dari lampu jenis ini jauh dibawah penggunaan lampu generasi sebelumnya. Peningkatan ini juga merupakan update dari efisiensi lampu bohlam ke lampu jenis CFL dan peningkatan kadar cahaya dari lampu / lumens dari lampu jenis CFL ke lampu jenis LED ini.

3. Lebih Awet dan Tahan Lama

 

Eco Friendly

Penggunaan lampu LED hemat energi akan bisa mencapai 50.000 jam atau sama dengan 15 tahun lebih dan mungkin masih bisa tetap menyala. Wah? kenapa bisa begitu lama ya. Dibandingkan dengan lampu CFL yang memiliki jam pakai 10.000 sampai dengan 20.000 jam saja. Dengan nyala lampu yang lebih redup dan panas, serta lampu bohlam yang hanya dapat maksimal rata-rata 1000 jam saja.

Tentunya dengan memiliki lampu jenis ini kamu tidak perlu bulak balik ke toko untuk sekedar mengganti lampu yang mati, dan biasanya juga sudah dilengkapi dengan garansi yang bisa mencapai 5 sampai 10 tahun loh. Ngapain harus ganti lampu kalau kamu bisa tukar lampu nya secara gratis juga kan.

4. Cahaya Lampu LED Hemat Energi bisa Fokus ke Bawah?

Lampu fokus kebawah

Salah satu kelebihan lainnya pemakaian lampu jenis ini membuat cahaya dapat terfokus pada satu titik saja dibanding lampu bohlam atau lampu CFL yang lebih bias dan kabur. Terdengar sepele dan tidak menarik bukan? Tapi ternyata cahaya yang fokus kebawah ini membuat kesan ruangan lebih terang dan kamu tidak perlu memilih lampu dengan daya atau watt yang lebih besar. Karena banyak sekali jenis lampu LED dibanding dengan lampu Bohlam kuning atau lampu CFL.

Kelebihan lain dari lampu ini adalah bentuknya yang banyak, mulai dari bulat, kotak, lonjong, dapat dilipat (LED Strip) atau juga memiliki pilihan warna yang beragam mulai warm white, white dan RGB. Membuat lampu ini cocok untuk kamu yang ingin berkreasi dengan hunian mu.

5. Hemat Listrik dan Eco Friendly serta Pintar!

Lampu Pintar

Kelebihan dibanding lampu jenis lainya, tentu lampu ini dapat di konfigurasikan dengan teknologi saat ini. Mulai dari warna yang banyak sekali, kita mengenal dengan istilah RGB (Red, Green, Blue) dimana lampu dapat menyesuaikan dengan banyak warna tidak hanya putih dan kuning saja.

Selanjutnya adalah lampu ini cocok bagi kamu yang mager nih karena banyak sekali tipe dari jenis lampu LED hemat energi pintar ini mulai dari yang menggunakan sensor gerak, suara dan atau keduanya serta bisa diatur melalui smartphone kamu loh! Salah satunya produk dari myeco yaitu lampu dengan sensor gerak dan lampu dengan sensor suara, berikut :

a. Lampu LED Hemat Energi Sensor Gerak

Tak perlu cape-cape bagi kamu yang tidak ingin banyak melakukan voice command atau juga mematikan lampu melalui saklar atau perangkat pintar kamu. Jenis lampu ini cocok bagi ruangan yang sering dilewati banyak orang namun tetap dengan kaidah hemat energi dan ramah lingkungan. Lampu ini cocok sekali disimpan di koridor atau lobby antar ruanga. Dapat juga disimpan di kamar mandi yang biasanya lalu lalang orang dikantor atau pun dirumah.

b. Lampu LED Hemat Energi Sensor Suara

Lampu pintar jenis ini tentu cocok bagi kamu yang ingin memiliki hunian dengan nuansa pintar dan teknologi kekinian. Kamu cukup perlu membuat perintah melalui suara baik melalui handphone kamu atau juga melalui perangkat pintar google atau pun bantuan asistant pintar alexa dan siri. Tanpa sentuh cukup melalui perintah suara saja.

Sekian artikel dari kami, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk pilih produk myeco untuk rumah kamu ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.