Apa Keunggulan Panel Surya? Tagihan Listrik Bulanan Berkurang!

Panel Surya

Daftar Artikel

keunggulan panel surya

myeco.id | source pexels

Sobat myECO tahu gak, kalau listrik dihasilkan dari energi tak terbarukan seperti batu bara? Hmm, sangat tidak ramah lingkungan! Tapi, sekarang udah ada panel surya loh, sebagai alternatif! Yuk, kenal lebih jauh tentang panel surya!

Panel surya merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengubah energi sinar matahari menjadi energi listrik. Alat ini muncul sebagai solusi untuk menghasilkan energi ramah lingkungan.

Saat ini sudah banyak loh, tempat-tempat yang menggunakan panel surya! Mulai dari rumah-rumah, hingga gedung perkantoran di berbagai negara.

Memangnya, sekeren apasih panel surya? Berikut ini beberapa fungsi dan keunggulan panel surya yang harus kamu ketahui!

Fungsi Panel Surya

1. Pembangkit listrik

Fungsi pertama dari panel surya adalah sebagai pembangkit listrik yang biasanya terpasang di atap bangunan atau tanah.

Agar berubah menjadi energi listrik, terdapat dua cara yang bisa dilakukan. Pertama, menggunakan teknologi photovoltaic dengan mengubah cahaya menjadi energi listrik secara langsung.

Kedua, dengan cara memusatkan energi surya melalui lensa atau cermin yang sudah dikombinasikan sistem pelacak. Tujuannya, agar energi matahari berada di satu titik, sehingga dapat menggerakkan mesin panas.

2. Pompa air

Tahukah, sobat myECO? Jika panel surya juga bisa digunakan untuk mengalirkan listrik dalam pompa air, loh! Sangat menarik, bukan?

Pemanfaatan panel surya ini dijadikan sebagai tenaga penggerak pada pompa air dengan sumber listrik berasal dari matahari. Biasanya, cara ini dilakukan di pedalaman yang sulit untuk menjangkau energi listrik.

3. Lampu penerangan jalan umum

Sobat myECO, pernah nggak sih berpikir, apa energi yang digunakan oleh lampu penerangan jalan umum? Mungkin, sebagian besar berpikir energinya beerasal dari listrik PLN, ya?

Namun, tahukah sobat myECO, jika beberapa Lampu Penerangan Jalan Umum ternyata dialiri listrik oleh panel surya, loh!

Keunggulan Panel Surya 

1. Energi Gratis dan Terbarukan

Pertama, keunggulan panel surya adalah menjadi energi gratis dan terbarukan. Hal ini karena sumber energi yang digunakan pada panel surya adalah sinar matahari.

Selain bisa didapatkan secara cuma-cuma, sinar matahari juga bisa digunakan tanpa khawatir kehabisan. Hal ini karena jumlah energinnya yang tidak terbatas.

2. Panel Surya Ramah Lingkungan

Untuk menghasilkan energi listrik, panel surya tidak menghasilkan polusi udara seperti batu bara. Hal ini karena panel surya menyerap cahaya matahari dan menyimpanya di dalam sebuah baterai.

Dengan cara kerja tersebut, sobat myECO tetap bisa menggunakan listrik ramah lingkungan dalam waktu dan kondisi apapun.

3. Harga yang Sepadan

Harga panel surya memang tidak murah untuk saat ini. Namun, untuk penggunaan jangka panjang panel surya merupakan pilihan yang tepat, loh! Dengan menggunakan panel surya, sobat myECO bisa menghemat energi dan biaya hingga 30%.

4. Pemeliharaan yang Mudah

Untuk menjaga kualitasnya, sobat myECO harus memastikan permukaan panel surya tetap bersih, ya. Gimana, tuh caranya? Tentunya dengan rutin membersihkan permukaannya, minimal seminggu sekali.

Sobat myECO bisa menggunakan alat pembersih kendaraan untuk membersihkannya, yaitu air bersih, sabun, sikat, dan penyeka. Untuk perawatannya, lebih baik dilakukan pada pagi atau sore hari, ya.

Walaupun mudah, tetapi sobat myECO harus teliti ya dalam perawatanya, agar penyerapan sinar mataharinya bisa maksimal.

Dengan perawatan yang baik dan benar, efektivitas panel surya masih berada di angka 92% dengan waktu pemakaian selama 20 tahun. 

5. Tagihan listrik lebih hemat

Selanjutnya, keunggulan panel surya adalah membuat tagihan listrik menjadi lebih hemat. Kok bisa, sih? Ya, karena panel surya bisa menghasilkan energi dengan cara mengubah cahaya matahari dan dikonversikan menjadi listrik.

Dengan begitu, sobat myECO tidak akan ketergantungan lagi dengan listrik dari PLN serta tagihan listrik setiap bulannya bisa berkurang.

Baca juga : Lampu Tenaga Matahari di Piala Dunia Qatar 2022

Nah, sekarang sobat myECO sudah lebih kenal dengan panel surya, kan? Menurut sobat myECO, panel surya tuh, worth to try atau worth to buy, nih?

Sekarang yang jadi pertanyaan adalah “gimana sih kalo sobat myECO mau mulai pakai panel surya?”

Sobat myECO gaperlu khawatir, karena sekarang sudah banyak ahli yang menawarkan pemasangan panel surya. Gimana? makin tertarik untuk coba kan?

Kalau sobat myECO tidak mau mengganti energi listrik di rumah dengan panel surya, tetapi ingin hemat listrik, maka solusinya adalah perangkat listrik myECO.

Mengapa demikian? Ya, karena myECO dapat membantu mengurangi konsumsi energi dengan smart home IoT!

Sobat myECO bisa menggunakan produk Smart Fitting IoT karena bisa menghemat penggunaan listrik dan sudah menggunakan wireless wifi control. Sangat menarik, bukan? Jadi, tagihan listrik bulanan menjadi lebih hemat!

SHARE

Berkontribusi pada Masa Depan yang Lebih Baik dengan myECO, Gunakan Produk yang Peduli Lingkungan Hari Ini!