Kenalan dengan Lumen, Satuan yang Harus Diketahui Konsumen

Daftar Artikel

Arti dan Fungsi

myeco.id | source: Freepik

Halo, Sobat minCO!

Sebagai konsumen dan pengguna listrik dan peralatan elektronik, banyak dari kita yang belum familiar dengan kata lumen lampu. Untuk kata-kata lain seperti Watt atau Volt, kita sering mendengar kata tersebut khususnya dalam bidang listrik dan elektronika. Lantas, apa arti dan seberapa pentingnya dalam kehidupan? Artinya sendiri adalah satuan turunan yang dipakai untuk mengukur jumlah total cahaya yang dipancarkan dari suatu sumber. Contoh yang dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari adalah pemakaian lampu, dimana tingkat pencahayaan tinggi atau terang menandakan jumlah lumen yang tinggi, begitu pula sebaliknya.

Peran dalam Pemenuhan Kebutuhan Lampu

myeco.id | source: Freepik

Kita bisa melihat peran lumen pada pemakaian lampu yang berada di rumah. Setiap ruangan yang ada di rumah tentunya memerlukan lampu, seperti kamar tidur, ruang keluarga, dapur, dan lain sebagainya. Namun, perlu diketahui kalau besarannya berbeda untuk setiap ruangan. Hal tersebut disebabkan adanya perbedaan aktivitas dan kebutuhan pada setiap ruangan. Contohnya adalah ruang kerja dengan kisaran 250-300 lm per meter persegi & gudang dengan kisaran 100-250 lm per meter persegi.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan penerangan pada setiap ruangan, ada beberapa tahap yang harus diperhatikan. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

▪︎ Sesuaikan dengan Ukuran Ruangan

Dalam menentukan kebutuhan, melakukan pengukuran ruangan adalah hal penting. Dengan melakukan pengukuran ruangan, kita jadi tahu seberapa besar tingkat kebutuhan untuk memenuhi pencahayaan pada ruangan tersebut.

▪︎ Pahami Kebutuhan Pencahayaan pada Ruangan

Setiap ruangan memiliki kebutuhan pencahayaan yang beragam. Terdapat beberapa indikator yang memengaruhi, seperti luas ruangan, desain, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pemenuhan pencahayaan perlu mempertimbangkan berbagai indikator agar tepat guna dan listrik yang digunakan terdistribusi sesuai kebutuhan masing-masing.

Baca Juga : 5 CARA HEMAT LISTRIK DALAM PENGGUNAAN AC

▪︎ Lakukan Perhitungan Kebutuhan Lumen

Tahap terakhir adalah melakukan perhitungan. Kisaran kebutuhan tentunya mengikuti luas ruangan (panjang dikali lebar) yang membutuhkan penerangan. Contohnya adalah pada kamar tidur dengan luas 3 meter x 3 meter, maka jumlah yang diperlukan adalah sebesar 2250, yang akan dibagi ke dalam beberapa lampu yang dipasang.

Produk Keren untuk Konsumen

Bicara tentang lampu dan produk elektronik, ada loh produk yang cocok untuk Sobat minCO! Sebagai konsumen, kita harus ikut peduli terhadap energi dan lingkungan, salah satunya adalah dengan budaya hemat listrik. Untuk merealisasikannya, produk myECO Indonesia adalah jawabannya!

MyECO Indonesia menjual berbagai produk yang tentunya sudah berprinsip ramah lingkungan dan eco-friendly. Contohnya adalah lampu LED, smartplug, dan lain sebagainya. Jadi, ayo kita lakukan aksi keren dengan produk keren dari myECO Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SHARE

Berkontribusi pada Masa Depan yang Lebih Baik dengan myECO, Gunakan Produk yang Peduli Lingkungan Hari Ini!