Inilah 5 Alat Elektronik yang Boros Listrrik. Bikin Tagihan Listrik Mahal!

Alat elektronik menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan sehari-hari. Kehadiran alat elektronik memudahkan masyarakat dalam menyelesaikan pekerjaan sehingga waktu pengerjaan menjadi lebih cepat.

Semenjak Work from Home (WFH) dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) diterapkan, kebutuhan akan alat elektronik semakin meningkat. Kenaikan jumlah pembeli alat elektronik berdampak pada kenaikan daya listrik yang dikeluarkan.

Besarnya daya listrik yang dikeluarkan akan berpengaruh terhadap jumlah tagihan listrik yang dibayarkan. Selama pandemi Covid-19, PT. PLN (Persero) kerap mendapatkan keluhan mengenai kenaikan Tagihan Listrik. Tentu masyarakat tidak dapat menyalahkan pihak tertentu karena penyebab kenaikan tagihan listrik karena pemakaian alat elektronik yang berlebihan sehingga masyarakat mengalami menjadi boros listrik. Oleh karena itu, sebagai pengingat,

Berikut adalah 5 alat elektronik yang boros listrik, yaitu:

1. Alat Elektronik seperti AC (Air Conditioning)

Alat Elektronik Air Conditioning
IMAGE: FREEPIK

AC (Air Conditioning) merupakan alat elektronik yang berfungsi sebagai pendingin udara di setiap ruangan. AC banyak digunakan baik di perumahan maupun di perkantoran. bukmacherskie zaklady sportowe Peminat AC di Indonesia cukup tinggi dikarenakan Indonesia memiliki iklim tropis sehingga suhu ruangan cenderung terasa panas.  Kerap kali penggunaan AC dinyalakan secara terus menerus tanpa jeda sehingga mengakibatkan tagihan listrik terkadang melonjak.

Penggunaan daya listrik pada AC sangat beragam seperti tipe AC 1/2 PK, 3/4 PK, 1 PK, dan 2 PK. Penggunaan daya listrik tidak bisa diaplikasikan ke semua rumah karena setiap rumah memiliki daya listrik yang berbeda-beda. Berikut rinciannya:

  1. AC1/2 PK membutuhkan daya listrik sebesar 350 watt
  2. AC 3/4 PK membutuhkan daya listrik sebesar 500 watt
  3. AC 1 PK membutuhkan daya listrik sebesar 700 watt

Semakin besar penggunaan daya listrik maka akan lebih boros listrik, tetapi balik lagi dengan penggunaan sehari-hari seperti apa. Agar terhindar dari boros listrik, maka penggunaan AC wajib dikontrol, seperti pakailah AC apabila ada keperluan terdesak saja, jika kapasitas orang yang hadir di ruangan sedikit maka jangan atur suhu yang terlalu dingin sehingga listrik tidak terpakai sia-sia.

2. Kulkas

Alat Elektronik Kulkas
IMAGE: FREEPIK

Kulkas merupakan alat elektronik yang memiliki fungsi sebagai pendingin dan tempat menyimpan bahan mentah dan produk makanan. Kulkas memiliki daya listrik yang tidak terlalu besar. kasyno online bonus za rejestracje Namun pemilihan jenis kulkas harus disesuaikan dengan kapasitas daya listrik di rumah agar tidak mengalami sekering putus. Menurut jenis kulkas dan daya listriknya, kulkas terbagi atas 2 jenis yaitu:

  1. Kulkas 1 pintu memiliki daya listrik sekitar 50-80 watt
  2. Kulkas 2 pintu memiliki daya listrik 100-200 watt

Berbeda dengan AC yang digunakan sesuai dengan kebutuhan, penggunaan kulkas harus dinyalakan setiap hari karena fungsinya sebagai pendingin dan tempat menyimpan makanan agar tidak cepat busuk. Pemakaian kulkas yang terus menerus menyebabkan kulkas menjadi boros listrik. Seringkali membuka tutup lemari es akan meningkatkan konsumsi energi refrigerator sehingga udara hangat dari luar bercampur dengan udara dingin di dalam kulkas menyebabkan kulkas membutuhkan tambahan energi untuk proses pendinginan.

3. Mesin Cuci

Alat Elektronik Mesin Cuci
IMAGE: FREEPIK

Mesin cuci merupakan alat elektronik yang berfungsi untuk mencuci pakaian kotor dengan penggunaan waktu yang lebih singkat sehingga tidak perlu biaya lebih untuk me-laundry pakaian di tempat lain. Mesin cuci memiliki daya listrik tinggi. pilka nozna zakłady online fortuna Berdasarkan jenisnya, mesin cuci dibagi menjadi 2 tipe yaitu:

  1. Mesin cuci tipe Top Loading memiliki daya listrik sebesar 250 watt
  2. Mesin cuci tipe Front Loading memiliki daya listrik sebesar 300 watt

Penggunaan mesin cuci tidak seperti penggunaan alat elektronik lainnya, namun perlu diperhatikan juga fitur-fitur yang dimiliki oleh mesin cuci dan durasi yang ditentukan. Semakin singkat durasi mesin cuci maka semakin rendah penggunaan listrik yang dibutuhkan sehingga disarankan untuk memilih fitur dan durasi sesuai kebutuhan.

4. Televisi

Televisi
IMAGE: FREEPIK

Televisi merupakan alat elektronik yang berfungsi sebagai wadah dimiliki oleh sebagian besar orang. Apabila dibandingkan dengan alat elektronik lainnya, intensitas penggunaan televisi terbilang cukup tinggi karena minimal dinyalakan dalam kurun waktu 2 hingga 3 jam per harinya. Televisi tipe LED membutuhkan daya listrik yang lebih kecil dibanding model lama seperti tabung dan LCD. Rata-rata televisi membutuhkan daya listrik sekitar 80 – 150 watt.

5. Lampu

Lampu
IMAGE: FREEPIK

Alat elektronik terakhir yang membuat boros listrik adalah lampu. Lampu berfungsi sebagai alat penerang ruangan. Lampu sendiri memiliki 6 jenis watt yaitu 5 watt, 8 watt, 11 watt, 15 watt, 18 watt, dan 23 watt. Pemilihan tipe lampu tergantung dari setiap kebutuhan masyarakat.

Umumnya lampu yang berwarna putih dengan watt yang tinggi akan memakan daya listrik yang cukup banyak. Adapun saran untuk menghemat penggunaan lampu yaitu dapat beralih ke lampu LED yang menggunakan daya listrik rendah dan kurangi frekuensi penggunaan lampu. Jika dilakukan terus menerus maka tagihan listrik yang dihasilkan akan berkurang.

Dari penjelasan 5 alat elektronik yang boros listrik diatas, apakah Anda memiliki salah satunya? Memang wajar jika kebutuhan alat elektronik setiap tahunnya akan meningkat, namun apabila tidak diiringi dengan Hemat Listrik maka tanpa disadari tagihan listrik akan melonjak. Oleh karena itu, Myeco menawarkan produk smart lamp yang mampu mengurangi dan menghemat penggunaan listrik sehari-hari.

Fitur smart lampu tersedia dalam 3 varian, yaitu smat lamp sensor gerak dan cahaya, smart lamp sensor gerak, dan smart lamp sensor suara. Selain smart lamp, Myeco juga memiliki smart relay yang dilengkapi dengan RTC (Real Time Clock) sehingga fleksibel, mudah dalam instalasi, dan lebih ekonomis. Oleh karena itu, yuk Hemat Listrik bersama Myeco!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.