Hemat Listrik: Seberapa Perlu Menerapkannya dalam Kehidupan Sehari-hari?

Daftar Artikel

gambar hemat listrik
myECO source pexels

Peran Listrik dalam Kehidupan Sehari-hari

Listrik memang tidak bisa dilepaskan dari kegiatan manusia sehari-hari. Energi menjadi salah satu enegri yang banyak memberikan sumbangsih kepada masyarakat dalam hal kemudahan untuk beraktivitas. Adanya listrik membuat kita bisa melanjutkan pekerjaan pada malam hari atau seorang dokter dapat mengetahui detak jantung seseorang lewat monitor jantung di rumah sakit.

Kondisi demikian membuat penggunaan listrik terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Melansir dari dataindonesia.id, hingga kini jumlah pengguna energi ini di Indonesia pada 2021 mencapai 168,38 (BOE) atau mengalami kenaikan sebesar 5, 82% dari tahun sebelumnya. Pada 2022, mengutip dari liputan6.com, konsumsi tersebut mengalami kenaikan sebesar 1,5% dibandingkan 2021. Hal tersebut dikarenakan pulihnya ekonomi negara pasca pandemi. 

Padahal listrik berasal dari sumber daya yang tidak terbarukan, fosil.  Merangkum dari esdm.go.id, sumber daya fosil dan minyak bumi pasti akan habis karena jumlahnya terbatas. Hanya saja persepsi masyarakat Indonesia menganggap adanya sumber energi tersebut melimpah ruah sehingga terjadi pemborosan dalam penggunaanya. 

Di satu sisi, apabila pasokan energi di Indonesia habis, tentu hal ini akan menghambat kelancaran kegiatan manusia dalam berbagai sektor utamanya industri. Melansir dari kompas.com, tidak adanya listrik mampu melumpuhkan aktivitas manusia. Dikutip dari coaction.id, penggunaan listrik yang berlebihan dapat memicu pemanasan global karena adanya emisi karbon yang dihasilkan oleh fosil. 

Perlunya Menerapkan Hemat Listrik dalam Kehidupan Sehari-hari

Maka dari itu, melakukan hemat listrik sangat nyata diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Kita dapat mencegah pemborosan listrik dengan berbagai langkah kecil seperti mematikan barang elektronik atau lampu saat tidak digunakan. Selain itu, sosialisasi pemerintah tentang bahaya pemborosan listrik pun juga perlu digalakan terutama untuk daerah perkotaan yang tingkat mobilitasnya tinggi. 

Baca juga: Inilah 5 Alat Elektronik yang Boros Listrik. Bikin Tagihan Listrik Mahal!

Terlebih di era sekarang yang menawarkan banyak kemudahan melalui teknologi. Kemajuan teknologi juga turut berperan dalam penggunaan hingga pengelolaan listrik. Seperti contohnya produk-produk myECO yang memadukan teknologi Al dalam pengoperasinnya. Sudah saatnya sobat Minco tidak perlu repot berjalan ke sana – ke mari hanya untuk mematikan lampu. Produk myECO menawarkan sejumlah kemudahan bagi pengguna, salah satunya sistem kontrol saat mematikan lampu. Produk selengkapnya bisa kamu lihat di website myECO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SHARE

Berkontribusi pada Masa Depan yang Lebih Baik dengan myECO, Gunakan Produk yang Peduli Lingkungan Hari Ini!

Translate »