Hemat Energi Eco-Green Living

 

Hidup sehat tentunya dapat membuat badan terasa lebih baik, sama dengan rumah dimana kita tinggal. Hemat energi menjadi tujuannya, semakin baik rumah kita, semakin baik pula kehidupan sehari-hari yang kita idamkan. Muncul saat ini konsep Eco-Green Living membuat rumah hemat energi dan hidup berkesinambungan. Konsep yang mungkin sudah ada ketika tren Eco Living muncul kurang lebih di awal tahun 2000-an.

Kebanyakan dari kita masih beranggapan bahwa rumah yang baik cukup dengan udara, air dan lingkungan yang baik saja. Hemat listrik pun menjadi salah satu tujuan nya bukan? Namun saat ini semua itu telah berubah, membuat konsep hemat energi saja tidak cukup. Namun perlu konsep terbaharukan dan terus menerus, salah satunya Eco-Green Living ini. 

Konsep hemat energi yang dapat dijalankan dengan tujuan untuk menjalani hidup sebisa mungkin tidak membawa dampak buruk secara makro terhadap alam. Hal tersebut berarti hidup ramah lingkungan yang bisa dimulai dari rumah sehingga akan berdampak baik pula bagi pelaku green living atau pemilik rumah.

Selaras dengan tujuan pemerintah Hemat Energi 10% mendorong kesadaran pemanfaatan energi yang bertanggung jawab. Membangun hunian yang Eco-Green Living bukan berarti harus harus dimulai dari 0, kamu juga bisa memulai dengan hunian yang sudah ada, tanpa perlu banyak merubah tata letak hunian.

Konsep Eco-Green Living ini biasanya akan berhubungan dengan istilah hemat energi dan hunian hijau atau Gree Living. Apabila kamu tertarik memiliki rumah ramah lingkungan, perlu diingat konsep tersebut dibuat dengan perencanaan yang matang. Agar tidak salah, yuk cek 5 tips awal sederhana membuat hunian dengan konsep ini :

 

1. Hindari Sekat pada Ruangan

Sekat Ruangan

Hal pertama dari konsep ini adalah membuat sedikit sekali sekat pada masing-masing ruangan. Jika sudah terlanjur membuat sekat diruangan, hindari menambah ornamen ruangan yang bisa menciptakan ruangan lebih sempit. Misal sekat kayu atau barang-barang besar yang membuat ruangan menjadi lebih tidk proporsional. Selain itu menggunakan semaksimal mungkin udara yang masuk dari luar, ventilasi udara akan sangat penting apalagi dapat membuat ruangan lebih terang dengan konsep “tanpa sekat” ini.

Selain membuat ruangan lebih luas serta memiliki sirkulasi udara yang melimpah, meminimalisir penggunaan sekat juga dapat membuat hunian lebih terbuka dengan biaya perawatan dan pembangunan yang lebih seidkit loh. Namun tentunya apabila kamu membangun rumah dengan konsep ini diusahakan selalu meperhatikan tata lelat dan keamanan dan kenyaman juga ya.

 

2. Pilih Material Kaca yang Sesuai

Sekat Kaca

Memakai kaca sebagai aksen rumah tentunya akan membuat rumah lebih luas dan lebih terang. Sama seperti sekat pada ruangan, namun berfungsi sebaliknya. Kaca yang disimpan dekat dengan sumber cahaya dapat membuat penerangan rumah lebih baik, dan tidak membutuhkan lampu yang menyala di siang hari. Meletakan cermin pada posisi yang tepat juga dapat memantulkan cahaya dan membuat ruangan lebih terang dan luas tentunya.

Namun perlu diingat, menggunakan terlalu banyak kaca dan cermin juga bukan hal yang baik. Usahakan menaruh cermin menghadap ke cahaya alami dari luar, dan tidak terlalu besar karena akan membuat ruangan memiliki pantulan bayangan yang dapat mengganggu privasi di rumah. Hal ini juga berlaku untuk penggunaan kaca tempus pandang. Pakailah vitrase atau horden untuk menutup visibilitas berlebih dari pandangan luar rumah.

3. Mulai Gaya Hidup Hemat Energi – Ramah Lingkungan

Ramah Lingkungan

Memiliki sikap yang mencerminkan perilaku ramah lingkungan juga dapat menjadi gerbang membuat hunian yang hemat energi dan Eco-Green Living loh.  Buat apa menciptakan rumah Eco-Green Living namun yang tinggal di dalamnya belum menerapkan hidup yang ramah lingkungan.

Cara ini akan membuat pola di dalam rumah lebih hidup serta membuatnya lebih cocok untuk mendukung konsep gaya hidup serupa. Setidaknya memulai dari kebiasaan mematikan sumber listrik ketika tidak dibutuhkan. Kebanyakan dari kita akan merasa malas ketika mematikan lampu atau sekedar mematikan TV yang menyala tanpa ditonton. Mengurangi sampai plastik dan menanam pohon dirumah, setidaknya membuat hunian lebih segar dan hijau tanpa limbah.

4. Gunakan Panel Surya sebagai Energi Cadangan

Solar Panel

Menggunakan panel surya memang cenderung lebih membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun cara ini adalah langkah besar untuk sebuah rumah menjadi suitanable atau berkelanjutan. Panel surya akan membuat beban listrik yang lebih rendah, setidaknya untuk penerangan di malam hari. Sehingga menggunakan panel surya dapat menjadi langkah investasi yang menguntungkan untuk masa depan.

Apabila budget yang dimiliki belum cukup untuk memasang instalasi panel surya, kamu bisa baca poin selanjutnya ya.

5. Hemat Energi dengan Smart Home

Smart Home Hemat Energi

Fitur Smart Home menjadi bagian terkini untuk cara sederhana membuat hunian hemat energi. Selain itu ini adalah cara terbaik untuk mendekorasi rumah juga. Dengan lampu yang dapat dikontrol dari smartphone atau membuat hunian lebih berwarna dengan lampu I0T yang sudah RGB. Segala aktivitas dapat dilakukan melalui satu klik dari gadget pintar kamu. Cara ini juga ampu untuk mengontrol rumah mu dari jarah jauh loh, misalnya kamu sedang diluar rumah dapat mengatur nyala matinya alat eletronik atau kondisi listrik dirumah, atau sekedar mematikan dan menyalakan lampu ketika malam hari.

Jika tertarik dengan hunian yang memiliki fitur smart home, myeco.id pilihannya. My Eco memiliki beberapa fitur dari AIoT yang mengembangkan produk Eco Living pintar rumah tangga yang ramah lingkungan. Ada tiga fitur utama, yaitu Control-Manage-Monitor+Forecast, mulai dari Smart Lamp dengan sensor gerak, dan lampu dengan sensor suara yang bisa diatur dengan suara user saja tanpa sentuh. Serta kami memiliki smart fitting lamp yang dapat membuat lampu rumah kamu menjadi smart lamp tanpa harus mengganti lampu rumah kamu sebelumnya.

Demikian beberapa cara sederhana membuat hunian Eco-Green Living dengan konsep Smart Home yang hemat energi ya.

Semoga bermanfaat, selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.