Emisi Karbon: Penyebab, Dampak dan Cara Menguranginya

Daftar Artikel

gambar emisi karbon
myECO source pexels

Emisi Karbon menjadi salah satu penyebab perubahan iklim di dunia. Proses ini dapat berdampak pada kesehatan manusia bahkan ketidakstabilan ekonomi.

Apa Itu Emisi Karbon?

Emisi karbon adalah gas yang dikeluarkan dari hasil pembakaran senyawa yang mengandung karbon, seperti CO2, solar, LPJ, dan bahan bakar lainnya atau dalam arti sederhana, adalah pelepasan karbon ke atmosfer.

Carbon Emission menjadi kontributor perubahan iklim bersama dengan emisi gas rumah kaca. Emisi gas yang berlebihan dapat menyebabkan pemanasan global atau efek rumah kaca. Hal ini mengakibatkan peningkatan suhu di bumi secara signifikan.

Penyebab Emisi Karbon

Penyebab biasanya karena aktivitas pembakaran senyawa-senyawa yang mengandung unsur karbon. Pembakaran bahan bakar fosil di bidang industri dan manufaktur, transportasi, serta emisi yang diperlukan untuk keperluan barang dan jasa yang dikonsumsi manusia. Selain penggunaan bahan bakar fosil, penggunaan alat elektronik ikut menyumbang pelepasan gas karbon. Pemakaian smartphone juga turut mempengaruhi tingkat carbon emission di udara.

Nilai absolut emisi karbon dan gas rumah kaca yang disebabkan oleh smartphone terus meningkat dari 17 hingga 125 megaton setara dengan CO2 per tahun (Mt-CO2e/tahun). Dalam rentang waktu tersebut laju pertumbuhannya sebesar 730%.

Perlu diketahui bahwa sumbangan terbesar dari jumlah persen diatas disebabkan oleh proses produksi perangkat tersebut. Termasuk didalamnya mesin pembangkit, bahan tambang untuk material perangkat, pembangkit server pada pusat data. Dorongan perusahaan untuk membeli ponsel keluaran baru juga mengakibatkan banyaknya limbah yang dihasilkan.

Pengiriman dan proses mengupload data berupa teks, foto, dan video, email dan lainnya memerlukan pusat data harus standby selama 24 jam. Kondisi tidak dapat kita rasakan secara langsung, namun berefek hingga berpuluh sampai beratus tahun kedepan.

Dampak yang Ditimbulkan

1. Dampak Terhadap Lingkungan

Secara umum, emisi gas rumah kaca menjadi penyebab global warming dan memicu perubahan iklim. Konsekuensinya adalah menimbulkan anomali cuaca/cuaca ekstrem, meningkatnya suhu bumi, mencairnya es di kutub, meningkatnya permukaan laut, serta meningkatkan risiko kebakaran hutan dan hujan lebat.

2. Dampak Terhadap Kesehatan

Perubahan iklim memicu munculnya penyakit-penyakit yang berhubungan dengan bakteri, virus, dan parasit. Sebab, mikroorganisme tersebut tumbuh subur akibat meningkatnya suhu bumi. Selain itu, polusi udara dan cuaca ekstrem, seperti kemarau panjang, hujan kencang, atau gelombang panas juga berdampak pada kesehatan manusia.

3. Dampak Terhadap Ekonomi

Perubahan cuaca berdampak pada kegiatan ekonomi masyarakat, seperti pertanian, pariwisata, hingga kelautan. Cuaca ekstrem juga memengaruhi kerusakan infrastruktur, seperti jalan, jembatan, hingga tiang listrik. Pemanasan global yang memicu berbagai bencana secara tidak langsung juga berdampak terhadap ekonomi.

Cara Mengurangi Emisi Karbon

1. Menanam Pohon

Deforestasi adalah salah satu penyebab utama emisi karbon. Padahal, pohon bisa menyerap dan menyimpan karbon secara alami. Untuk itu, menanam pohon merupakan cara termurah untuk meredam emisi karbon.

Baca juga: Deforestasi Sebagai Upaya Pengembalian Hutan

2. Efisiensi Energi Rumah

Kamu bisa memilih penyedia listrik yang menggunakan energi bersih atau memasang panel surya sebagai sumber listrik. Selain itu, Anda juga bisa memilih perlengkapan rumah yang lebih ramah lingkungan, contonya menggunakan produk dari myECO.

3. Energi Bersih

Saat ini, sebagian besar aktivitas manusia masih menggunakan bahan bakar fosil. Untuk itu, selain mengurangi konsumsi energi, transisi ke energi bersih juga bisa menekan emisi karbon.

4. Efisiensi dalam Menggunakan Transportasi

Meski tidak semua orang bisa meninggalkan kendaraan dengan bahan bakar fosil, mengurangi berkendara dan beralih ke transportasi umum, bersepeda, atau berjalan kaki. Penggunaan pesawat terbang juga merupakan salah satu moda transportasi yang paling banyak menghasilkan emisi karbon.

Selain itu, di zaman sekarang juga ada yang namanya mobil listrik. Dengan adanya mobil listrik akan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil yang berpengaruh pada berkurangnya emisi karbon. Untuk harga mobil listrik sekarang sudah bervariasi, mulai dari mobil listrik termurah hingga termahal menyajikan keunggulannya masing-masing.

Baca juga: Motor Listrik: Solusi Kendaraan Ramah Lingkungan

Demikianlah pembahasan mengenai emisi karbon. Semoga bermanfaat. Jangan lupa bagikan ke grup WhatsApp keluargamu agar Kakek, Nenek hingga ponakanmu juga ikutan tahu.

SHARE

Berkontribusi pada Masa Depan yang Lebih Baik dengan myECO, Gunakan Produk yang Peduli Lingkungan Hari Ini!

Translate »