Cara menghemat listrik
myeco.id Source Pexel

Menghemat listrik bagi sebagian masyarakat masih menjadi hal yang susah dilakukan. Padahal, mereka dapat dengan mudah mencari informasi tentang cara menghemat listrik.

Meskipun demikian, tidak sedikit juga yang sadar akan melakukan penghematan listrik. Akan tetapi, apakah cara menghemat listrik yang mereka lakukan sudah benar?

Jangan khawatir, Minco punya segudang solusi yang bisa membuatmu terhindar dari kesalahan dalam menghemat listrik.

1. Perhatikan energi yang dibutuhkan lampu

Kalian tau nggak sih, bisa jadi lampu menjadi salah satu faktor cara menghemat listrik yang kamu lakukan salah. Meskipun lampu punya watt yang kecil, jika dibiarkan menyala tanpa digunakan akan jadi penyebab listrik boros.

2. Memberikan ventilasi udara di rumah

Ventilasi udara yang baik akan membuat sirkulasi udara di dalam rumah menjadi lebih baik. Hal itu dapat membuat penggunaan alat pendingin ruangan seperti AC dapat dikurangi.

Penggunaan ventilasi udara ini juga merupakan salah satu cara menghemat energi yang efektif.

3. Memperhatikan alat elektronik yang digunakan

Kebutuhan akan kemudahan dalam melakukan kegiatan rumah tangga biasanya terbantu dengan adanya alat elektronik. Alat-alat seperti mesin cuci, AC, kulkas, bahkan lampu memiliki perannya masing-masing.

Akan tetapi, apakah kalian yakin jika alat-alat tersebut tidak boros? Pastinya, alat-alat itu memiliki beban energi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kita harus memperhatikan alat yang kita gunakan.

Melakukan penghematan listrik dengan cara yang benar ini akan maksimal apabila dilakukan dengan dukungan dari produk berbasis IoT (Internet of Things). IoT merupakan teknologi yang mampu menghubungkan alat elektronik dengan internet.

Pemakaian produk yang menggunakan IoT bisa menjadi cara menghemat listrik yang efektif. Dengan IoT, kita bisa melakukan pengontrolan penggunaan energi melalui handphone di mana pun dan kapan pun.

myECO adalah salah satu start up yang mengembangkan alat penghemat listrik dengan teknologi IoT. Berbagai alat penghemat listrik yang dikembangkan myECO telah terbukti membantu masyarakat Indonesia dalam penghematan energi.

Cara menghemat listrik menggunakan produk myECO ini selain mampu mengurangi beban energi, juga membuat rumah menjadi smart home. Hal itu menjadi bukti yang diberikan myECO sebagai salah satu ekosistem smart home di Indonesia.

Produk myECO bisa kalian dapatkan di website myECO dan tokopedia.

Baca juga : Lampu Tenaga Matahari di Piala Dunia Qatar 2022

4 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *