Menghemat Listrik di Rumah untuk Mengurangi Tagihan. Listrik adalah salah satu komponen yang sangat penting untuk sekarang bagi kehidupan Manusia. Apalagi didukung Pandemi Covid -19 yang mengharuskan kita Work From Home atau Bekerja dari rumah dan Sekolah dari rumah yang dilakukan para Pelajar mulai dari Sekolah dasar hingga Mahasiswa yang mengakibatkan penggunaan listrik dirumah menjadi besar.

Melalui Artikel ini ada beberapa cara menghemat listrik di-rumah yang bisa terapkan untuk kehidupan sehari-hari mulai dari yang kecil sampai yang besar.

Berikut 10 Cara Menghemat Listrik untuk Kurangi Tagihan

1. Menggunakan Alat Elektronik Menghemat Listrik

Menghemat Listrik

Salah satu cara untuk memulai menghemat listrik dengan pemilihan alat-alat elektronik yang berlabel eco friendly atau eco saving yang berarti alat elektronik tersebut sudah terverikasi dari pembuat produk bahwa penggunaan mesin tersebut dapat menghemat energi dan ramah terhadap lingkungan. untuk produk eco friendly yang sudah bisa kita temukan di produk-produk elektronik yang memakan daya listrik besar seperti ac,kulkas,dispenser,mesin cuci dll. Jadi mulailah bijak membeli dan menggunakan alat elektronik yang bisa menghemat energi.

Baca Juga: Manfaat Menghemat Listrik di Rumah

2. Mengganti Listrik Ke Prabayar agar menghemat listrik

Menghemat Listrik

Cara menghemat listrik dengan mengganti mode listrik ke Prabayar merupakan salah satu yang terbukti ampuh. Dengan regulasi pemerintah yang baru yaitu mewajibkan listrik rumah untuk rumah baru menggunakan sistem token atau prabayar.Cara ini terbukti pemilik rumah akan dapat mengkontrol pemakaian listrik dirumah token listrik sesuai yang mereka isi.

3. Mematikan Listrik sesudah di gunakan.

Menghemat Listrik

Salah satu cara menghemat listrik yang benar-benar bisa mengurangi jumlah tagihan secara signifikan adalah membiasakan mematikan total perangkat elektronik di rumah. Jika memang elektronik sudah tidak digunakan dalam waktu lama, hendaknya Anda mencabut kabel daya.

Terkadang, orang seringkali hanya mematikan perangkat elektronik seperti televisi dengan remote control, namun tidak benar-benar mematikannya alias hanya mengubahnya jadi status mode siaga. lupa mematikan lampu dan alat elektronik yang lain nya saat terburu-buru juga sering terjadi pada kehidupan sehari-hari. Yuk Mulai hati-hati dan ingat apa saja yang belum dimatikan sebelum bepergian keluar rumah.

4. Maksimalkan Ventilasi Udara

5 Desain Ventilasi Udara Simple Minimalis | Rumah.com

Memang, tidak ada yang bisa mengalahkan efektifnya AC dalam melawan udara panas di negara tropis. Tapi jika ingin hemat listrik,bisa lebih memanfaatkan penggunaan ventilasi udara.Jika rumah kamu memang kekurangan ventilasi udara, coba perbanyak jendela dan kisi-kisi.Selain rumah jadi lebih sejuk, kamu jadi lebih hemat listrik karena tidak terlalu sering menggunakan AC.

Dengan memaksimalkan udara melalui jendela, bisa menjadi salah satu cara menghemat listrik yang efektif. Mengapa begitu? Dengan adanya udara dari luar, Anda tidak perlu menyalakan AC ataupun kipas angin terlalu sering. Selain itu, udara segar yang masuk akan membuat ruangan menjadi lebih sejuk dan nyaman.

5. Memanfaatkan Sinar Matahari untuk Pencahayaan.

Estetika Rumah Kaca | PropertyInside.id

Rumah dengan design minimalis dan maksimal pencahayaan memang sudah di gaungkan oleh developer-developer properti. Tujuan design tersebut bukan hanya semata-mata untuk estetika rumah, tetapi juga memanfaatkan cahaya matahari untuk menerangkan rumah pada siang hari dan menghemat penggunaan lampu pada siang hari. selain menghemat penggunaan lampu , masuknya cahaya ke rumah juga bermanfaat untuk mengurangi kelembapan di dalam rumah.

6. Mengganti Lampu biasa ke Lampu LED

Lampu Led Terbaru - Harga Februari 2022 | Blibli

Mengganti lampu di rumah menjadi lampu LED. Lampu LED memiliki watt yang jauh lebih kecil dibanding lampu konvensional. Lampu LED memang mahal. Namun, dengan watt yang jauh lebih kecil, justru Anda akan lebih menghemat secara jangka panjang.

Umumnya, lampu LED 7 watt memiliki daya cahaya yang sama dengan bohlam 60 watt yang biasa. Dengan perbedaan nilai watt yang lumayan signifikan, dapat mengurangi tagihan listrik yang cukup besar.

7. Mencabut Kabel pada Saklar Listrik

Perkembangan Colokan Listrik di Dunia, Mengapa di Tiap Negara Bentuknya Beda? | Indozone.id

Cara menghemat listrik selanjutnya yaitu mencabut kabel pada saklar bila sudah tidak digunakan, Pada saat pengisian daya alak elektronik meninggalkan charger yang masih menempel di stop kontak merupakan kebiasaan buruk yang harus dihindari arus listrik masih tetap mengalir pada kabel-kabel yang masih terhubung dengan stop kontak listrik, otomatis listrik akan terbuang sia-sia dan terjadi pemborosan listrik.

Baca Juga : Pentingnya Mencabut Colokan Alat Elektronik untuk Menghemat Listrik

8. Gunakan Timer Pada Penggunaan AC ( Air Conditioner )

Kumpulan Berita Terkini Air Conditioner

Penggunaan AC pada saat jam tidur memang sudah terbiasa digunakan di Indonesia dengan iklim tropis dan untuk membuat tidur terasa lebih nyaman dan udara terasa sejuk, Kapankah kita mematikan ac tersebut ? Untuk Timer pada AC membantu penghematan daya listrik dengan cara mematikan lebih awal ac tersebut sebelum kita bangun 1-2 jam lebih awal. dengan cara tersebut kita sudah menghemat daya listrik 1-2 jam untuk penggunaan ac.

9. Rutin Membersihkan Freezer pada Kulkas

Cara Mengatur Isi Kulkas yang Tepat agar Makanan Tetap Segar, Rak Nomor 2 Untuk Ini - Tribun-bali.com

Tidak semua orang sadar akan hal ini, berawal dari kemalasan membersihkan freezer di kulkas secara rutin mengakibatkan mesin pendingin kulkas menggunakan daya lebih untuk mempertahan es tersebut tetap beku di freezer. akibatnya tagihan listrik bisa membengkak karena hal-hal sepele seperti ini.

10. Menghemat Listrik dari Pemakaian Dispenser

Miyako WD-189H - Dispenser Hot and Normal Jakarta Indonesia | Harga Jual Terbaik

Dispenser merupakan alat digunakan untuk menampung air minum dari galon. Alat ini bisa digunakan dalam dua mode, yaitu dingin dan panas. Jika ingin mendapatkan air panas, maka dispenser perlu disambungkan ke listrik. Jika butuh air panas disarankan memasak air dan bila butuh air dingin bisa kita simpan air di kulkas dan menunggu.

________________________________________________________________________________

Demikian tips menghemat listrik yang bisa kita lakukan dirumah untuk mengurangi tagihan listrik, Untuk Membantu penghematan listrik myeco.id juga menghadirkan produk-produk yang dapat menghemat listrik dirumahmu.

Bisa di cek di website kami produk-produk seperti lampu bertema smart home yang bisa dikontrol jarak jauh jadi tidak perlu khawatir lagi meninggalkan rumah dan lupa mematikan lampu, dan bisa di cek beberapa produk-produk lain nya untuk menunjang hemat energi dirumah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.