Apa itu Lampu Tenaga Surya? Ini Arti, Cara Kerja, & Manfaatnya

Daftar Artikel

lampu tenaga surya

myeco.id | source: Freepik

Halo, sobat minCO!

Tahukah sobat minCO? Jika energi listrik untuk menghidupkan lampu tidak hanya dari PLN saja, loh! Ya, salah satunya adalah lampu tenaga surya.

Buat sobat minCO yang masih asing dengan istilah tersebut, lampu tenaga surya adalah lampu yang memanfaatkan tenaga surya alias energi matahari agar bisa menghasilkan listrik.

Lampu jenis ini memang masih jarang ditemukan di Indonesia, tapi menjadi sebuah solusi yang bisa sobat minCO terapkan lho di masa mendatang!

Apa itu Lampu Tenaga Surya?

Lampu tenaga surya adalah salah satu lampu yang menggunakan tenaga matahari untuk menghasilkan listrik. Sama seperti jenis lampu lainnya, lampu ini juga bisa digunakan di dalam maupun luar ruangan.

Biasanya, lampu di luar ruangan ini digunakan untuk dekorasi taman. Sementara untuk yang di dalam ruangan dimanfaatkan sebagai penerangan garasi.

Kemudian, untuk lampu dari sinar matahari ini terdiri dari panel surya, baterai, dan lampu LED. Untuk panel surya, mempunyai tugas mengumpulkan energi matahari dan mengubah menjadi listrik yang nantinya disimpan di baterai.

Setelah itu, ketika malam hari sudah tiba, lampu LED akan menggunakan energi yang sudah disimpan dari baterai dan siap menerangi area sekitar.

Bagaimana Prinsip dan Cara Kerja Lampu Tenaga Surya?

lampu tenaga surya

myeco.id | source: Freepik

Dalam pembuatan lampu dari sinar matahari, tentunya terdapat beberapa komponen yang diperlukan. Komponen tersebut meliputi lampu LED, baterai, dan panel surya.

Peran panel surya disini sangat krusial yakni sebagai sumber yang mengumpulkan energi matahari dan mengubahnya menjadi listrik. Listrik tersebut lalu akan disimpan di baterai.

Energi yang tersimpan tentunya akan dipakai ketika malam hari, dimana lampu LED akan memanfaatkan energi yang sebelumnya tersimpan di baterai.

Secara urutan proses, proses awal yang terjadi adalah pengumpulan energi matahari oleh panel surya. Panel surya sendiri memanfaatkan sel-sel fotovoltaik yang berfungsi untuk mengubah energi matahari menjadi energi listrik.

Proses berikutnya adalah penyimpanan energi yang dilakukan oleh baterai. Selama pagi hingga sore hari, lampu tidak akan menyala karena sinar matahari secara langsung masih dapat menjadi sumber pencahayaan.

Ketika hari mulai gelap karena malam hari atau mendung, proses pencahayaan akan dimulai. Sensor cahaya akan mendeteksi penurunan intensitas cahaya yang berujung pada aktivasi lampu LED secara otomatis. Lampu LED akan memanfaatkan energi dari baterai.

Manfaat Lampu Tenaga Surya

myeco.id | source: Freepik

Inovasi lampu yang satu ini ternyata memiliki sejumlah keunggulan lho jika dibandingkan dengan lampu lainnya.

Keunggulan dan kelebihan tentunya bisa menjadi pertimbangan sobat minCO barangkali ingin beralih ke pemakaian sumber energi terbarukan. Berikut adalah penjelasannya.

1. Ramah Energi dan Lingkungan

Jenis lampu yang satu ini tidak menghasilkan polusi atau emisi lho! Tentunya, lampu ini tidak menimbulkan kerusakan bagi lingkungan. Wah, bisa disebut juga kalau lampu tenaga surya punya prinsip ramah energi dan ramah lingkungan.

2. Pemasangan yang Mudah

Untuk memasang lampu tenaga surya, ternyata prosesnya pun relatif mudah. Tidak perlu membutuhkan infrastruktur listrik yang kompleks, sobat minCO! Di samping itu, biaya operasional tambahan pun tidak diperlukan. Sumber energi yang dibutuhkan adalah energi matahari yang bernilai gratis.

Baca Juga : Lampu Mati atau Lampu Menyala saat tidur

3. Pemeliharaan yang Mudah

Untuk pemeliharaan, prosesnya pun tergolong mudah, sobat minCO. Panel surya bisa dibersihkan dan diperiksa secara berkala. Tujuannya adalah agar panel surya bisa mengumpulkan energi matahari secara maksimal.

Hal ini akan berdampak pada sumber energi yang tersimpan pada baterai akan semakin banyak, sehingga lampu LED bisa berfungsi secara optimal.

Hemat Energi dengan Solusi dari MyECO Indonesia

Dari tadi kita membahas seputar lampu tenaga surya nih, sobat minCO! Ternyata, ada solusi lain yang bisa dipakai untuk menghemat pemakaian energi.

Solusi tersebut adalah menggunakan produk dari myECO Indonesia. Prinsip smart home yang digagas myECO Indonesia tentunya mempermudah sobat minCO yang ingin memulai prinsip hidup hemat dalam pemakaian energi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SHARE

Berkontribusi pada Masa Depan yang Lebih Baik dengan myECO, Gunakan Produk yang Peduli Lingkungan Hari Ini!