5 Peralatan Non Listrik Yang Wajib Ada di Rumah

Daftar Artikel

gambar peralatan rumah non listrik
myEco source pexels

Listrik sudah menjadi kebutuhan primer manusia untuk membantu menyelesaikan kegiatan sehari-hari. Tak sedikit peralatan rumah yang menggunakan listrik seperti magicom, mesin cuci, kulkas, kompor elektrik, dan sebagainya. Peralatan tersebut membuat pekerjaan menjadi lebih praktis dan cepat selesai.

Akan tetapi, adakalanya ibu rumah tangga kerap mengeluhkan tentang tagihan listrik dari benda-benda tersebut. Seringnya penggunaan peralatan elektronik menjadi pemicu bengkaknya tagihan listrik rumah tangga. Hal ini tampaknya memang sudah menjadi resiko apabila kita menggunakan alat-alat elektronik.

Baca juga: 10 Cara Ampuh untuk Mengurangi Tagihan dan Menghemat Listrik Kamu

Di satu sisi, ada juga peralatan rumah non listrik atau bisa dikatakan bebas listrik. Peralatan ini masih sering Sobat Minco jumpai di kehidupan sehari-hari. Harga barang-barang ini juga cukup terjangkau sehingga bisa dikatakan peralatan rumah tangga non sangat ekonomis.

Berikut Peralatan Rumah Non Listrik

1. Sapu Lantai

Sapu bukanlah hal asing lagi di telinga kita. Benda ini ada hampir di setiap sudut ruangan bahkan kota. Sapu berfungsi untuk membersihkan kotoran di lantai ataupun tanah. Benda ini digolongkan menjadi 2 yaitu sapu ijuk dan sapu lidi yang memiliki fungsi masing-masing.

Sapu ijuk merupakan sapu yang terbuat dari bahan ijuk yang didapatkan dari pohon aren. Dilansir dari tulungagung.go.id,  sapu jenis ini adalah sapu yang paling banyak digunakan karena muda didapat dan harganya murah. Fungsi utama sapu ijuk adalah menyapu lantai atau jubin. Sedangkan untuk sapu lidi memiliki fungsi untuk menyapu tanah atau areal yang memiliki permukaan lebih kasar dan bergelombang.

2. Pisau Dapur

Pisau merupakan salah satu benda yang harus selalu ada di dapur. Sama seperti sapu, pisau memiliki berbagai macam jenis berdasarkan fungsinya. Mengutip dari ruparupa.com, ada 8 jenis pisau berdasarkan fungsi.

Mulai dari chef’s knife untuk pisau serba guna, slicing knife untuk mengiris tipis daging, boning knife untuk memisahkan daging dari tulang, mincing knife untuk mencincang makanan, cleaver knife untuk memotong tulang, paring knife untuk mengupas buah atau sayuran, bread knife untuk memotong roti, dan dessert knife untuk memotong makanan penutup.

3. Spons Cuci Piring

Siapa yang tidak mengetahui kegunaan spons? Pasti dari kita sudah sering memakai benda ini dalam keseharian. Sifat spons yang mampu membersihkan furniture atau alat rumah tangga menjadikan benda ini harus ada dalam rumah. Salah satunya contohnya adalah spons cuci piring.

Merangkum dari kompas.com, spons cuci piring terbuat dari spons selulosa yang diklaim mempunyai daya serap tinggi karena terbuat dari serat alami. Spons yang biasa kita jumpai untuk mencuci piring adalah spons dengan permukaan kasar berwarna hijau. Spons jenis ini selalu menjadi andalan ibu-ibu rumah tangga.

Permukaanya yang lembut mampu membersihkan sisa kotoran yang halus sedangkan permukaan kasarnya bisa digunakan untuk membersihkan kotoran yang membandel. Keberadaan spons ini cukup mudah dijangkau. Hampir setiap warung pasti memiliki produk cuci piring yang satu ini.

4. Kain Lap

Kain merupakan benda yang berbahan dasar katun, kapas, linen, sutra, dan sebagainya yang banyak digunakan dalam dunia fashion untuk membuat berbagai jenis busana.

Selain untuk fashion, kain juga berguna untuk kebutuhan rumah tangga. Misalnya kain lap bermotif kotak-kotak atau kanebo yang biasa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Sifat kain yang dapat membersihkan serta menyerap cairan membantu para ibu rumah tangga untuk membersihkan peralatan dapur kesayangannya.

5. Sikat WC

Sikat juga merupakan salah satu produk non listrik yang wajib ada dalam kebutuhan hidup rumah tangga. Melansir dari wikipedia. org, kegunaan benda ini berbagai macam seperti merawat rambut, membersihkan kotoran, melukis di kanvas, atau finishing permukaan.  Salah satu sikat yang kerap kita jumpai adalah sikat WC. Sikat ini berguna untuk membersihkan WC dan mempunyai panjang sekitar 30cm.

Itulah beberapa peralatan rumah non listrik yang dapat Sobat Minco temukan dalam keseharian. Rata-rata barang tersebut memiliki harga yang ekonomis dan dapat kita jumpai di warung kelontong terdekat. Meskipun memiliki harga yang murah akan tetapi keberadaan benda-benda tersebut sangan diperlukan untuk mempermudah pekerjaan rumah tangga.

SHARE

Berkontribusi pada Masa Depan yang Lebih Baik dengan myECO, Gunakan Produk yang Peduli Lingkungan Hari Ini!

Translate »