5 Cara Hemat Listrik dalam Penggunaan AC

Daftar Artikel

Hemat listrik AC

myeco.id | source pexels

AC atau air conditioner adalah salah satu jenis alat elektronik yang sangat dibutuhkan untuk mendinginkan ruangan. Saat ini, AC sangat dibutuhkan karena cuaca yang panas yang ekstrim. Namun dalam penggunaan AC, dibutuhkan daya listrik yang cukup besar.

Meskipun demikian, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat listrik dalam penggunaan air conditioner. Berikut adalah beberapa hal harus dilakukan agar bisa menghemat penggunaan daya listrik pada AC.

1. Nyalakan AC Seperlunya

Hal yang paling mudah dalam menghemat penggunaan listrik pada AC adalah mematikan AC saat tidak digunakan. Kebiasaan buruk mayoritas pengguna AC adalah selalu menyalakan AC walaupun sedang tidak ada orang di ruangan tersebut.

Alasannya agar menjaga suhu ruangan tetap dingin dan sejuk. Namun, hal tersebut termasuk dalam pemborosan penggunaan listrik karena daya yang digunakan pada AC umumnya cukup tinggi. Dengan demikian, AC yang selalu dinyalakan akan membuat energi listrik yang digunakan semakin banyak.

2. Selalu Tutup Pintu dan Jendela

Kebiasaan buruk lainnya adalah tidak menutup pintu atau jendela saat AC sedang dinyalakan. Jika jendela dan pintu tidak ditutup rapat, maka udara panas dari luar akan tetap masuk meski sedang menggunakan AC untuk mendinginkan ruangan.

Hal ini membuat daya listrik yang digunakan semakin besar karena kerja AC untuk mendinginkan ruangan akan semakin besar. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menutup pintu dan jendela secara rapat saat menggunakan AC.

3. Atur Suhu AC

Pengaturan suhu pada AC juga memberi pengaruh pada besar kecilnya daya listrik yang digunakan. Mayoritas orang berfikir bahwa mengatur suhu AC pada ukuran paling rendah akan lebih hemat karena membuat ruangan lebih cepat dingin.

Namun sebaliknya, mengatur suhu AC terlalu rendah akan lebih boros karena daya listrik yang digunakan akan semakin besar. Hal ini karena beban kerja AC akan lebih berat jika harus mendinginkan ruangan menjadi suhu paling rendah. Oleh karena itu, disarankan agar mengatur suhu AC tidak terlalu rendah, yaitu di suhu sekitar 20 derajat.

4. Gunakan Fitur Timer

Salah satu fitur yang harus dimanfaatkan adalah fitur timer. Fitur ini berfungsi untuk mengatur nyala dan mati AC tanpa harus dikontrol secara langsung. Selain mempermudah aktivitas sehari-hari, fitur ini juga tentunya membuat daya listrik yang digunakan AC lebih hemat.

Contohnya adalah saat malam hari, AC diperlukan diawal hanya untuk mendinginkan ruangan agar kita merasa nyaman dan bisa segera tertidur. Dengan mengaktifkan fitur timer, kita tidak perlu menyalakan AC terus menerus hingga pagi hari. Hal ini karena sudah ada pengaturan waktu yang membuat AC mati secara otomatis pada waktu yang sudah ditentukan.

Baca juga : 5 Keuntungan TV LED, Bikin Listrik Makin Aman

5. Rutin Service AC

Hal paling akhir yang harus dilakukan adalah melakukan service dan pembersihan AC secara rutin. Jika hal itu dilakukan, maka filter AC akan lebih bersih. Filter ini berfungsi untuk menyaring suhu panas di dalam ruangan dan mengubahnya menjadi udara yang dingin dan sejuk. Bersihnya filter AC akan membuat kerja AC semakin mudah sehingga daya listrik yang digunakan juga semakin hemat.

Kebiasaan yang harus dilakukan saat menggunakan AC sangat mudah bukan? Oleh karena itu, sobat myECO dan juga Minco sudah tidak punya alasan lagi untuk boros listrik dalam menggunakan AC. Kira-kira, kebiasaan mana dulu, nih yang mau sobat myECO ubah?

Jangan lupa juga buat check out produk-produk myECO di tokopedia agar tagihan listrik di rumahmu makin aman!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SHARE

Berkontribusi pada Masa Depan yang Lebih Baik dengan myECO, Gunakan Produk yang Peduli Lingkungan Hari Ini!