4 Cara Mengatur Penggunaan Daya Listrik Agar Tagihan Aman

Daftar Artikel

Tiang listrik
myeco.id | source pexels

Tak dapat dipungkiri bahwa penggunaan listrik menjadi kebutuhan yang tidak dapat digantikan oleh apapun. Hampir semua aktivitas di dalam rumah selalu membutuhkan energi listrik yang tersalurkan melalui terminal colokan listrik atau lebih dikenal dengan stop kontak. Hal ini tentu saja berpengaruh pada penggunaan daya listrik yang meningkat dan secara otomatis berpengaruh pada tagihan listrik.

Hal ini tentu saja beresiko pada pembengkakan tagihan listrik yang diakibatkan oleh penggunaan listrik yang tidak terkontrol. Tujuan dari penggunaan listrik yang awalnya untuk mempermudah menyelesaikan berbagai pekerjaan di dalam rumah, justru memberi beban baru karena biaya tagihan listrik yang tidak terkontrol.

Jika sobat myECO mengalami hal tersebut, mungkin ini waktunya untuk mengatur dan mengontrol penggunaan listrik kalian. Bagaimana caranya? berikut adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol penggunaan listrik di rumah.

1. Perhatikan Penggunaan Listrik Selama 1 Bulan Penuh

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengamati penggunaan alat-alat listrik selama 1 bulan. Contohnya, penggunaan AC selama 1 hari bisa menyala selama 12 jam. Dengan memperhatikan dan mencatat penggunaan alat-alat listrik, sobat myECO jadi memahami lama penggunaan listrik pada setiap alat.

Selain itu, sobat myECO harus memperhatikan besar tagihan listrik yang digunakan pada bulan tersebut. Dengan demikian, sobat myECO bisa mulai memperkirakan biaya tagihan listrik yang digunakan dengan kebiasaan penggunaan listrik selama 1 bulan tersebut.

2. Mengurangi Penggunaan Alat Listrik

Setelah mengetahui biaya tagihan listrik dan kebiasaan penggunaannya, sobat myECO yang merasa bahwa tagihannya terlalu besar bisa melakukan langkah kedua. Di langkah kedua ini, kalian harus menyortir penggunaan alat-alat listrik yang bisa dikurangi. Contohnya, penggunaan AC yang bisa menyala selama selama 12 jam dalam 1 hari, dikurangi menjadi 6 jam saja.

Namun untuk penggunaan daya listrik yang tidak bisa dikurangi pada alat-alat tertentu tidak perlu dikurangi, seperti pada penggunaan kulkas yang harus selalu menyala 24 jam agar bahan makanan tidak cepat basi.

3. Buat Rencana Penggunaan Listrik Selama 1 Bulan

Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah membuat rencana penggunaan listrik selama 1 bulan kedepan. Setelah menyortir penggunaan alat listrik, sobat myECO harus membuat ketentuan-ketentuan pada tiap alat listrik di rumah, mulai dari jangka waktu pemakaiannya hingga kebiasaan untuk disiplin mencabut colokan alat listrik jika sudah selesai digunakan. Hal ini sangat berpengaruh pada besaran daya listrik yang digunakan.

4. Praktikkan dan Amati Kembali Penggunaan Listrik selama 1 Bulan

Setelah selesai membuat rencana penggunaan listrik selama 1 bulan, praktikkan dengan disiplin rencana dan aturan tersebut. Lalu amati kembali dan bandingkan dengan tagihan listrik di bulan sebelumnya. Jika seluruh anggota rumah bisa bekerja sama untuk disiplin dan bijak dalam penggunaan listrik, maka biaya tagihan yang harus dibayarkan pada 1 bulan setelah pengamatan kembali akan lebih sedikit dibandingkan 1 bulan sebelumnya.

Empat langkah-langkah di atas merupakan cara yang bisa dilakukan untuk mengatur dan mengontrol penggunaan daya listrik dan juga biaya tagihan listrik. Bagaimana menurut sobat myECO? Cukup mudah bukan?

Namun untuk sobat myECO yang merasa hal itu masih terlalu rumit dan sulit untuk dilakukan, Minco punya solusi yang jauh lebih mudah untuk kalian. Sobat myECO bisa menggunakan Smart Plug with Energy Monitoring dari myECO. Dengan menggunakan alat ini, kalian bisa mengatur dan mengontrol penggunaan daya listrik secara real time tanpa ribet.

Smart Plug with Energy Monitoring atau Smart Plug Monitor Daya ini berbentuk stop kontak yang digunakan untuk mengantarkan energi listrik untuk mengoperasikan alat elektronik. Alat ini mendeteksi penggunaan daya listrik pada setiap elektronik yang dicolokkan pada stop kontak.

Selain bisa mengetahui jumlah daya listrik yang digunakan, alat ini juga memberikan perkiraan tagihan listrik yang harus dibayarkan. Sobat myECO tidak perlu khawatir perihal data-data yang ditampilkan di layar LCD karena sudah dipastikan data yang ditampilkan detail dan presisi.

SHARE

Berkontribusi pada Masa Depan yang Lebih Baik dengan myECO, Gunakan Produk yang Peduli Lingkungan Hari Ini!

Translate »