10 Tips Hemat Uang Bulanan Untuk Anak Kos

Daftar Artikel

gambar hemat uang
myECO source pexels

Bagi mahasiswa yang merantau jauh dari keluarga, mengatur uang saku bulanan menjadi hal yang biasa. Beragam cara hemat pun dilakukan demi bisa bertahan hidup di tanah rantau. Sayangnya, kebutuhan dari anak kos sangat beragam mulai dari biaya makan, tempat tingkat, paket internet, hingga biaya fotocopy dan print tugas. Lantas, bagaimana cara menghemat uang bulanan ala anak kos? MinCo punya tips buat kamu agar lebih hemat dalam mengelola uang bulanan.

Baca juga: Kompor Listrik: Solusi Cerdas Ala Anak Kos

Cara Hemat Uang Bulanan Untuk Anak Kos

1. Membuat Alokasi Pengeluaran

Hal pertama yang harus dilakukan agar bisa menghemat uang bulanan yaitu mencatat alokasi pengeluaran. Anda sebaiknya mencatat seluruh kebutuhan yang diperlukan setiap bulanan. Setelah itu, Anda bisa membuat anggaran sesuai dengan pengeluaran tersebut. Pastikan juga membuat prioritas untuk setiap pengeluaran Anda. Utamakan kebutuhan dibandingkan keinginan semata.  

2. Buat Daftar Kebutuhan Belanja

Cara hemat uang bulanan lainnya yaitu dengan membuat daftar kebutuhan saat belanja. Hal ini bertujuan agar saat belanja hanya membeli barang-barang yang dibutuhkan saja. Dengan demikian, anggaran belanja tidak bengkak.

3. Beli Makanan Yang Terjangkau

Salah satu cara hemat uang bulanan yang bisa dilakukan anak kos yaitu dengan membeli makanan yang harganya terjangkau. Anda bisa membeli di warung makan yang terkenal murah atau memasaknya sendiri. Dengan menghemat biaya makan, maka Anda bisa menggunakan sisa uang untuk keperluan lain.

4. Beli Printer Sebagai Investasi

Kebutuhan lain dari mahasiswa yang juga cukup memakan biaya yaitu kebutuhan cetak dokumen dan fotocopy. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa membeli printer sebagai investasi.

Saat ini, harga printer relatif terjangkau. kamu bisa membeli sesuai dengan budget yang dimiliki. Selain digunakan untuk keperluan pribadi, kamu juga bisa menggunakan printer untuk bisnis yaitu dengan membuka jasa printer dan fotocopy kepada sesama mahasiswa.

5. Hemat Uang dengan Menyewa kos yang sudah ada fasilitas WiFi gratis

Salah satu kebutuhan anak kos yaitu kuota internet. Hal tersebut dikarenakan segala aktivitas perkuliahan memerlukan akses internet. Maka dari itu, cara hemat yang bisa dilakukan yaitu dengan menempati kos yang sudah ada fasilitas WiFi gratis.

Dengan demikian, Anda tak perlu lagi membeli kuota internet. Selain menggunakan WiFi gratis di kos, Anda juga bisa memanfaatkan WiFi di kampus saat mengerjakan tugas untuk menghemat biaya internet

6. Kurangi Pengeluaran Sekunder dan Tersier

Pengeluaran sekunder dan tersier anak kos biasanya terdiri atas belanja pakaian, membeli makanan kekinian, atau sekadar nongkrong di tempat-tempat hits. Agar bisa berhemat, maka sebaiknya pengeluaran seperti itu dikurangi atau bahkan dihindari.

Dengan demikian, uang yang awalnya digunakan untuk nongkrong, membeli jajanan kekinian, atau belanja bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan primer atau kebutuhan utama.

7. Beli Barang Sekunder Saat Promo

Jika ingin membeli produk sekunder hingga tersier, maka sebaiknya beli saat ada promo. Untuk mendapatkan promo Anda bisa membeli barang-barang tersebut saat shopping day di e-commerce langganan.

8. Menyisihkan Uang Untuk Ditabung, Wakaupun Sedikit

Cara hemat uang bulanan lainnya yaitu dengan membiasakan diri menabung walaupun sedikit. Dengan menabung, maka kita bisa memiliki uang lebih untuk beberapa kebutuhan mendesak yang dapat terjadi di masa yang akan datang.

9. Hemat Uang dengan Membawa Bekal dan Air Minum Sendiri

Jika kamu di kampus seharian, maka sebaiknya membawa bekal dan air minum sendiri. Selain lebih sehat, cara ini juga bisa menghemat uang jajan. Kamu bisa memasak sendiri di pagi hari dan membawa makanan tersebut ke kampus untuk makan siang. Dengan demikian, kamu tak perlu jajan atau membeli makanan di kampus.

10. Hemat Uang dengan Cuci Pakaian Sendiri

Cara hemat uang bulanan untuk anak kos lainnya yaitu mencuci pakaian sendiri. Terlihat sepele, tapi ternyata mencuci pakaian bisa menghemat biaya bulanan. Dibandingkan dengan menggunakan jasa laundry, mencuci pakaian lebih hemat.

Demikian sedikit tips dari MinCo buat kamu yang anak kos. Dengan melakukan tips di atas harapannya bisa menghemat uang bulananmu. Jangan lupa bagikan ke grup WhatsApp keluargamu agar Kakek, Nenek hingga ponakanmu juga ikutan tahu

SHARE

Berkontribusi pada Masa Depan yang Lebih Baik dengan myECO, Gunakan Produk yang Peduli Lingkungan Hari Ini!

Translate »