Tersengat Listrik

Tersengat listrik menjadi salah satu bahaya yang bisa mengakibatkan kefatalan. Terlebih lagi jika kondisi tersebut berlangsung lama dan sengatan semakin besar, maka resiko yang didapat akan besar terhadap tubuh kita.

Tersengat Listrik: Penyebab 

 

Menurut Hellosehat, dibawah ini adalah beberapa bahaya yang timbul dari setruman listrik yang perlu Kamu waspadai,

 

Melihat bahayanya yang tidak sepele, kita harus mewaspadai untuk tidak tersengat listrik. Lalu bagaimana cara kita untuk tetap waspada?

 

Tersengat Listrik: Cara mewaspadainya

 

1. Tersengat Listrik: Cari tahu penyebab gangguan listrik di Rumah 

Minimalism Room

Jika kamu mengalami gangguan listrik seperti aliran listrik yang tiba-tiba terputus akibat konsleting, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memperbaiki Stop Kontak. Namun jika kamu belum pernah memperbaikinya, disarankan untuk menguhubungi Ahli Perbaikan Listrik. wolne zakłady online

 

2. Pastikan keamanan Stop Kontak Listrik

Tersengat Listrik

Stop kontak menjadi salah satu kasus yang sering terjadi dan mudah tersengat listrik.

Untuk menghindarinya, kamu bisa menutup stop kontak dengan penutup, terutama bagi anak-anak yang sering menyentuh lubang stop kontak. 

 

3. Pastikan Peralatan Rumah Tetap Kering

Minimalism Kitchen

Air merupakan salah satu akibat terjadinya tersengat listrik. Namun, air tidak semua jenis air dapat menghantar listrik dan belum tentu air tersebut bisa menghantarkan listrik. 

Melainkan, kandungan air lah yang menentukan air bisa menjadi isolator atau konduktor.

Isolator adalah bahan yang sulit atau tidak bisa melakukan perpindahan muatan listrik. Sedangkan, konduktor adalah bahan yang bisa mengantarkan muatan listrik.

 

4. Perhatikan Penggunaan Kabel Listrik

Tersengat Listrik

Hal ini menjadi kewajiban kita untuk memperhatikan penggunaan kabel listrik. Karena, kehidupan kita sekarang tidak luput dari kabel listrik untuk membantu daya smartphone, computer, laptop, alat dapur, dan lainnya. 

Beberapa yang harus diperhatikan adalah tidak memasang kabel di tempat yang berlalu-lalang jalannya orang.

Kemudian, jika ada kabel yang sudah sobek dan terlihat aliran listrik, disarankan untuk mengganti kabel tersebut atau dilapisi bahan Isolator

 

5. Hindari Lonjakan Listrik pada Peralatan Rumah

Peralatan

Saat peralatan listrik menjadi panas yang berlebihan, bisa mengakibatkan lonjakan listrik. Untuk menghindari lonjakan listrik tersebut, pastikan kamu mematikan penggunaan alat listrik.

Kamu juga bisa menggunakan alat bantuan stabilizer listrik untuk melindungi konsleting listrik akibat tegangan listrik yang kurang stabil.

 

6. Gunakan Alat Pengaman Kebocoran Listrik

Leakage Electorics

(Image: homeguru)

Untuk mencegah kobocoran listrik, bisa menggunakan alat pencegah kebocoran yakni Ground Fault Circuit Interupter (GFCI).

Alat ini akan segera mati jika mendeteksi adanya tidak kesesuaian arus listrik, sehingga hal ini akan mengurangi resiko tersengat listrik.

 

7. Tersengat Listrik: Gunakan Lampu Bohlam yang Tepat

Lampu Bohlam

Masih banyak orang yang belum mengetahui, bahwa watt bohlam juga menghindari bahaya listrik. Watt yang besar melampaui kapasitas maksimum lampu akan membebani kabel. gry casino automaty online  

Pastikan kamu menggunakan lampu bohlam yang tepat dan memasangnya dengan benar.

 

8. Atasi masalah Listrik kepada Ahlinya

Ahli Listrik

Jika kamu belum mahir untuk mengatasi gangguan listrik, cara memasang bohlam, menangani konsleting, dan sebagainya. Disarankan untuk meminta bantuan kepada ahlinya, misalnya orang tua, kakak, adik, atau bantuan ahli perbaikan listrik.

 

9. Jika Hujan Besar, disarankan mematikan Listrik

Lightning

 

Disaat hujan yang besar dan terdapat petir yang sangat kencang, bisa jadi petir yang akan adanya kenaikan tegangan secara tiba-tiba dalam durasi yang sangat pendek atau disebut dengan High Voltage Spikes, juga menjadi alasan penyebab listrik mati.

Hal tersebut, disarankan untuk mematikan listrik agar mewaspadai setruman listrik.

 

10. Hindari Kontak dengan Alat-Alat Listrik atau Kabel yang Tidak Dilapisi Isolator

Smart Fitting

Fungsi Isolator adalah menjaga alat listrik agar tidak bocor dan tidak membahayakan makhluk hidup. Hal ini dijadikan kewajiban pemakaian isolator agar menghindar marabahaya.

Salah satu alat sebagai bantuan listrik adalah Fitting Lampu yang dapat memperhatikan rangkaian listrik, baik rangkaian listrik seri dan paralel.

Hal tersebut dapat berfungsi sebagai fungsi lampu dan listrik.

 

 

Berikut 10 Tips dan Cara Menghindari Tersengat Listrik. Semoga dengan tips ini, kamu mewaspadai tersengat listrik. gry hazardowe sizzling hot za darmo Karena hal-hal yang mungkin sepele namun terkadang menimbulkan kefatalan.

Yuk ikuti tips berikutnya dengan terus pantau Artikel kita di MyECO!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.