10 Cara Ampuh untuk Mengurangi Tagihan dan Menghemat Listrik Kamu

Daftar Artikel

Tagihan listrik kamu terus membengkak tiap bulannya? pasti kamu kesal dan bingung caranya bagaimana supaya tagihan listrik bisa lebih murah bahkan kurang dari budget bulanan kamu? Jangan khawatir, Minco punya segudang solusi untuk kamu!

Menghemat listrik bukan hal yang susah kok guys, banyak cara yang bisa dilakukan untuk dapat menghemat tagihan listrik kamu. Dengan menghemat lisrik, kalian sudah membantu mengurangi emisi karbon dioksida dari efek pembakaran energi yang tidak bersih. 

www.myeco.id Source Picture Pexel

Bagaimana sih caranya supaya listrik bisa lebih hemat? sini Minco kasitau solusinya!

1. Gunakan listrik Prabayar

Dengan menggunakan meteran listrik dengan sistem Prabayar, kamu bisa loh mengukur berapa besar penggunaan listrik dirumah kamu supaya tetap lebih hemat.

2. Matikan alat elektronik saat tidak digunakan

www.myeco.id Source Pexel

Mematikan alat-alat elektronik yang ada dirumah saat tidak sedang digunakan adalah cara yang paling ampuh mengurangi tagihan secara signifikan. Jangan biarkan alat-alat elektronik kamu tetap terhubung dengan stop kontak kalau sudah selesai digunakan ya, mulailah membiasakan diri untuk mencabut kabel saat tidak dipakai.

3. Cabut charger saat tidak dipakai

Siapa nih yang kalau sudah selesai isi baterai hapenya sampai penuh tapi masih membiarkan chargernya tetap terhubung dengan stop kontak?

Jangan gitu lagi ya guys, Minco sangat tidak menyarankan untuk membiarkan charger tetap tinggal di stop kontak saat selesai digunakan. Selain dapat mengurangi umur charger, charger yang masih terhubung ternyata tetap mengalirkan arus listrik loh. Jadi buat kalian yang mau menghemat listrik, kurangin kebiasaan buruk ini ya!

4. Mulai pakai lampu LED

Walaupun harga lampu LED sedikit lebih mahal daripada lampu biasanya, tapi lampu LED ini punya banyak keunggulan loh.

Pemakaian listrik lampu LED bisa 90% lebih sedikit daripada lampu biasanya, cahaya yang dikeluarkan juga lebih terang dan bahkan daya tahannya lebih bagus dari lampu biasa. Minco sangat merekomendasikan supaya ganti lampunya menjadi lampu LED ya biar menghemat listrik.

5. Kurangi penggunaan AC

Kalian yang tinggal di daerah panas pasti sering menggunakan AC kan? Ternyata AC menguras listrik yang cukup besar loh.

Sering menggunakan AC bisa membuat tagihan listrik kalian membengkak loh, Minco menyarankan kalian bisa mulai menggunakan kipas angin. Penggunaan listrik kipas angin sedikit lebih hemat dibandingkan dengan AC, jadi tagihan listrik kalian bisa lebih ringan dari biasanya.

6. Matikan lampu pada siang hari

Siapa nih yang masih hidupkan lampu siang-siang? Kalau masih ada, boleh dikurangin ya guys. Mulailah untuk membuka jendela di siang hari.

Kenapa harus jendela? dengan membuka jendela, sinar matahari dapat masuk dan mampu menerangi seisi rumahmu, di sisi lain dengna membuka jendela, sirkulasi udara dapat lebih lancar dan rumah akan lebih sejuk.

7. Batasi penggunaan elektronik berdaya besar

Ketahui mana saja perangkat elektronik di rumahmu yang menggunakan daya listrik besar sehingga kamu bisa mengatur penggunaan alat-alat tersebut.

kamu dapat menjadwalkan penggunaannya seperti menggunakan mesin cuci dua kali seminggu atau hanya menggunakan AC hanya saat malam hari.

8. Menaikkan suhu kulkas

Kebanyakan orang mungkin tidak memperhatikan suhu dari kulkas. Apabila suhu kulkas dirasa terlalu dingin atau tidak terlalu banyak didalamnya, kamu boleh menaikkan suhu kulkas tersebut. Selain itu, suhu kulkas yang terlalu rendah atau dingin bisa buat kulkas bekerja lebih berat dan bahkan cepat rusak.

9. Keringkan pakaian secara alami

(gambar jemuran)

Kalian bisa pertimbangakan cara ini supaya bisa menghemat listrik, walaupun mesin cuci masa kini punya fitur pengeringnya sendiri. Untuk dapat mengurangi penggunaan listrik, kamu dapat pilih untuk mulai mengeringkan baju dibawah sinar matahari.

10. Gunakan Perangkat Cerdas

www.myeco.id Menghemat listrik jadi lebih mudah

Kalian pasti sudah biasa menggunakan alat-alat elektronik seperti lampu, stop kontak pada umumnya. Tapi di sisi lain kalian tidak bisa mengatur kapan perangkat harus mati dan hidup. Minco punya solusinya!

Dengan menggunakan produk-produk dari MyEco yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan dan berbasis internet, kalian bisa mengatur alat-alat elektronik seperti lampu dan sebagainya. Bahkan dengan menggunakan fitur yang disediakan MyEco, kalian bisa melihat perkembangan dari penggunaan listrik dan juga bisa melihat seberapa banyak listrik yang di hemat setiap harinya.

Bagaimana konten yang Minco buat? apakah membantu kalian untuk menghemat listrik? Minco berharap kalian bisa berhasil mengurangi tagihan listrik tiap bulannya ya. Kalau ada yang kalian tanyakan, komentar dibawah ini ya!

SHARE

Berkontribusi pada Masa Depan yang Lebih Baik dengan myECO, Gunakan Produk yang Peduli Lingkungan Hari Ini!

Translate »